bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan program pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah serta mampu mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan dalam proses pembelajaran.
Selain itu, pengembang program juga berperan dalam melakukan evaluasi dan penilaian terhadap keberhasilan program pembelajaran, serta mengkoordinasikan dengan pihak terkait untuk memastikan pelaksanaan program berjalan dengan baik.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengembang Program Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah seorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan kemampuan untuk mendesain program pembelajaran yang inovatif dan relevan untuk siswa-siswanya.
Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mendukung pembelajaran dan mampu bekerja sama dengan para guru dan staf sekolah dalam pengembangan program pembelajaran yang efektif.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang kurikulum dan pedagogi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, maka kamu tidak cocok untuk menjadi pengembang program pembelajaran untuk posisi ini.
Miskonsepsi tentang profesi pengembang program pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengurus administrasi dan tidak terlalu berhubungan langsung dengan kegiatan mengajar.
Ekspektasi yang salah adalah menganggap bahwa pengembang program hanya bertanggung jawab untuk membuat materi pembelajaran sekali saja, padahal sebenarnya mereka harus terus mengikuti perkembangan pendidikan dan memperbarui kurikulum secara berkala.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau kepala sekolah, adalah bahwa pengembang program fokus pada merancang dan mengembangkan kurikulum serta materi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, sedangkan guru dan kepala sekolah lebih berfokus pada penerapan pembelajaran di kelas dan manajemen sekolah.