Petugas Administrasi

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai petugas administrasi melibatkan pengelolaan dan pengorganisasian beragam dokumen dan informasi untuk keperluan administratif perusahaan.

Tugas utama meliputi mengumpulkan, memasukkan, dan mengupdate data pelanggan, faktur, dan dokumen keuangan perusahaan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan pelanggan dan pihak terkait lainnya, seperti pemasok dan mitra bisnis, untuk mengkoordinasikan kegiatan administratif yang berhubungan dengan transaksi dan pengiriman.

Apa saya cocok bekerja sebagai Petugas Administrasi?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Petugas Administrasi adalah orang yang teliti, memiliki kemampuan multitasking yang baik, dan cermat dalam melakukan pekerjaan yang membutuhkan perhatian terhadap detail.

Sebagai pengelola administrasi, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan dapat bekerja dengan baik dalam tim.

Jika kamu tidak tertarik dengan pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas administratif, tidak memiliki ketelitian yang baik, dan tidak terampil dalam mengelola dokumen secara efisien, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai petugas administrasi.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Petugas Administrasi adalah bahwa pekerjaan ini hanya sebatas mengurus dokumen dan pekerjaan kantor kecil, padahal ekspektasinya sebenarnya lebih kompleks dan melibatkan koordinasi dengan berbagai bagian dalam perusahaan.

Realitanya, Petugas Administrasi juga harus mampu mengelola waktu, menganalisis data, dan memiliki pemahaman yang baik tentang proses bisnis perusahaan. Tugas mereka juga melibatkan tugas-tugas penting seperti menyusun laporan, pengelolaan keuangan, dan mengorganisasi acara perusahaan.

Perbedaannya, Petugas Administrasi memiliki tanggung jawab yang lebih luas dibandingkan dengan Admin Kantor. Petugas Administrasi biasanya memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang operasional perusahaan dan sering kali terlibat dalam pengambilan keputusan yang strategis.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Administrasi Bisnis
Manajemen Bisnis
Manajemen Administrasi
Administrasi Publik
Administrasi Perkantoran
Administrasi Niaga
Akuntansi
Manajemen Sumber Daya Manusia
Manajemen Keuangan
Ilmu Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Bank Central Asia (BCA)
PT Telkom Indonesia
PT Pertamina (Persero)
PT Bank Rakyat Indonesia (BRI)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Astra International Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk