Sebagai produser iklan, tugas utama adalah mengkoordinasi dan mengatur segala aspek produksi untuk iklan yang akan ditayangkan.
Dalam pekerjaan ini, Anda akan bertanggung jawab dalam menyusun budget, menjadwalkan dan memilih lokasi syuting, serta mengoordinasi tim produksi dan kru teknis.
Selain itu, Anda juga akan bekerja sama dengan klien untuk memahami kebutuhan dan visi iklan, serta memastikan bahwa hasil akhir sesuai dengan harapan dan tujuan yang ditetapkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Produser Iklan adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan mampu bekerja dengan banyak pihak yang berbeda untuk menghasilkan iklan yang efektif.
Dalam industri iklan yang kompetitif, seorang produser iklan juga harus memiliki kemampuan problem-solving yang kuat dan keahlian dalam mengatur anggaran agar dapat menghasilkan iklan yang sesuai dengan visi dan tujuan perusahaan klien.
Jika kamu tidak memiliki kreativitas tinggi, kurang inovatif, dan tidak mampu bekerja dengan cepat dalam menghasilkan ide-ide baru, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai produser iklan.
Miskonsepsi tentang profesi Produser iklan adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menciptakan iklan yang kreatif, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan seluruh produksi iklan.
Ekspektasi orang tentang Produser iklan adalah bekerja di belakang layar dan terlihat glamor, namun realitanya mereka harus menghadapi tekanan waktu yang ketat, mengatasi konflik kreatif, dan bekerja dengan anggaran terbatas.
Perbedaan antara Produser iklan dan profesi mirip lainnya, seperti sutradara iklan, adalah bahwa Produser iklan bertanggung jawab dalam mengelola produksi secara keseluruhan, sementara sutradara iklan lebih berfokus pada pengarahan visual dan artistik dari iklan tersebut.