Psikolog Riset Pasar

  Profil Profesi

Seorang psikolog riset pasar bertugas untuk mengumpulkan data dan menganalisis perilaku konsumen dalam rangka memahami preferensi dan kebutuhan pasar.

Tugas utamanya adalah merancang dan melaksanakan penelitian serta wawancara dengan kelompok target untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Selain itu, psikolog ini juga bertanggung jawab untuk menganalisis data yang terkumpul dan menghasilkan laporan yang berisi temuan dan rekomendasi bagi klien dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Psikolog riset pasar?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Psikolog Riset Pasar adalah seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen, mampu menganalisis dan menginterpretasi data penelitian dengan akurat, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk berinteraksi dengan klien dan tim kerja.

Sebagai seorang psikolog riset pasar, individu ini juga harus memiliki kreativitas dalam merumuskan strategi penelitian yang efektif dan kemampuan problem-solving yang kuat untuk menghadapi tantangan dalam industri pasar yang dinamis.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang kurang memiliki ketertarikan terhadap analisis data, kurang memiliki pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen, dan tidak memiliki kemampuan komunikasi yang kuat.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi psikolog riset pasar adalah bahwa mereka hanya berurusan dengan angka-angka dan data, padahal mereka juga bertanggung jawab untuk memahami motivasi dan perilaku konsumen.

Ekspektasi yang tidak realistis adalah bahwa psikolog riset pasar dapat dengan cepat memberikan jawaban pasti tentang preferensi konsumen, sementara dalam realita, riset pasar adalah proses yang kompleks dan membutuhkan waktu.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti pemasar atau analis pasar, adalah bahwa psikolog riset pasar memiliki pendekatan yang lebih fokus pada aspek psikologis dalam memahami perilaku konsumen dan mendapatkan wawasan yang lebih dalam.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Psikologi
Ilmu Komunikasi
Sosiologi
Statistik
Antropologi
Ekonomi
Marketing
Manajemen
Matematika
Teknik Industri

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Kantar Indonesia
Nielsen Indonesia
MarkPlus Insights
Ipsos Indonesia
Millward Brown Indonesia
MARS Research Indonesia
Synovate Indonesia
Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP)
Dentsu Aegis Network Indonesia
McKinsey & Company Indonesia