Pekerjaan di bidang spesialis pemasaran perdagangan internasional melibatkan mengidentifikasi dan menganalisis peluang-peluang pasar di luar negeri.
Tugas utama meliputi mengembangkan strategi pemasaran global, menjalin hubungan dengan mitra bisnis di luar negeri, dan mempromosikan produk atau jasa di pasar internasional.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan tren pasar, analisis persaingan, dan pemahaman mengenai regulasi perdagangan internasional.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan Spesialis Pemasaran Perdagangan Internasional harus memiliki pengetahuan luas tentang pasar global, kepemimpinan yang kuat, kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja dalam lingkungan multikultural.
Selain itu, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan dalam analisis pasar dan strategi pemasaran, serta kemampuan negosiasi yang tinggi.
Jika kamu tidak memiliki minat dalam bidang pemasaran, kurang memiliki kemampuan berkomunikasi dan negosiasi yang baik, serta tidak memiliki pengetahuan tentang perdagangan internasional, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Spesialis Pemasaran Perdagangan Internasional adalah bahwa mereka akan sering bepergian ke luar negeri dan menghabiskan waktu di negara-negara eksotis, padahal kenyataannya pekerjaan ini lebih berfokus pada analisis pasar dan strategi pemasaran internasional di dalam ruangan.
Ekspektasi yang salah juga adalah mengira bahwa Spesialis Pemasaran Perdagangan Internasional hanya perlu menguasai satu bahasa asing saja, padahal pekerjaan ini membutuhkan kemampuan komunikasi dalam berbagai bahasa internasional untuk melakukan negosiasi dan menjalin hubungan bisnis dengan mitra dari berbagai negara.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Sales Ekspor adalah bahwa fungsi Sales Ekspor lebih berfokus pada penjualan produk ke pasar internasional, sedangkan Spesialis Pemasaran Perdagangan Internasional lebih berperan dalam strategi pemasaran dan analisis pasar untuk mendukung ekspansi bisnis di pasar global.