Pemimpin Tim Penjualan Internasional

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai pemimpin tim penjualan internasional melibatkan pengawasan dan koordinasi tim penjualan untuk mencapai target penjualan internasional.

Tugas utama meliputi merencanakan strategi penjualan, memberikan pelatihan kepada tim, dan melakukan evaluasi kinerja penjualan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi dengan klien internasional, memantau pasar dan tren penjualan, serta memastikan kepuasan pelanggan terjaga.

Apa saya cocok bekerja sebagai Pemimpin Tim Penjualan Internasional?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pemimpin Tim Penjualan Internasional adalah seseorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat, pengalaman dalam penjualan internasional, dan kemampuan berkomunikasi yang luar biasa.

Selain itu, seorang pemimpin tim penjualan internasional juga perlu memiliki keterampilan berbahasa asing dan pemahaman yang baik tentang pasar internasional.

Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak energik dan tidak memiliki minat dengan pasar internasional, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Pemimpin Tim Penjualan Internasional adalah ekspektasi bahwa tugas utama mereka hanya mengatur tim dan mencapai target penjualan tanpa hambatan. Padahal dalam realita, mereka juga harus terlibat secara aktif dalam negosiasi kontrak, membangun hubungan dengan klien, dan mengatasi tantangan dalam berbagai pasar internasional.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Manajer Penjualan adalah bahwa Pemimpin Tim Penjualan Internasional lebih fokus pada pengelolaan tim yang terdiri dari anggota tim penjualan yang bekerja di berbagai negara. Sedangkan Manajer Penjualan bertanggung jawab langsung dalam mengawasi penjualan di dalam satu wilayah atau negara tertentu.

Salah satu miskonsepsi lain adalah bahwa Pemimpin Tim Penjualan Internasional hanya harus memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Padahal dalam kenyataannya, mereka juga harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya dan kebiasaan bisnis di negara tujuan, serta kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda di setiap negara yang mereka layani.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis Internasional
Hubungan Internasional
Ekonomi Internasional
Pemasaran Internasional
Administrasi Bisnis Internasional
Manajemen Pemasaran Internasional
Komunikasi Bisnis Internasional
Perdagangan Internasional
Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional
Keuangan Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Indofood
Unilever
Telkom Indonesia
Astra International
BCA (Bank Central Asia)
Garuda Indonesia
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
Samsung Electronics Indonesia
PT Honda Prospect Motor
PT HM Sampoerna Tbk