Ahli Strategi Bisnis Internasional

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Ahli Strategi Bisnis Internasional melibatkan perencanaan, pengembangan, dan implementasi strategi bisnis global untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tugas utama meliputi analisis pasar global, penentuan peluang bisnis internasional, dan penyusunan perencanaan strategis yang sesuai dengan kondisi pasar dan tujuan perusahaan.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan strategi serta peran sebagai penasihat untuk manajemen perusahaan terkait keputusan bisnis internasional.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli Strategi Bisnis Internasional?

Seorang yang memiliki pemahaman mendalam tentang pasar global, kemampuan analisis yang kuat, dan strategi pengambilan keputusan yang cerdas cocok untuk menjadi Ahli Strategi Bisnis Internasional.

Seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan berbagai budaya dan latar belakang, serta kepemimpinan yang efektif, akan menjadi profil yang cocok untuk tipe pekerjaan ini.

Jika kamu tidak memiliki pemahaman mendalam tentang pasar global, memiliki keterbatasan dalam merencanakan strategi bisnis, dan kurang berpengalaman dalam berinteraksi dengan budaya dan bahasa yang berbeda, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan ini.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang Ahli Strategi Bisnis Internasional adalah bahwa mereka hanya berkonsentrasi pada pengambilan keputusan bisnis global, padahal mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis yang komprehensif.

Ekspektasi yang tidak realistis tentang profesi ini adalah bahwa Ahli Strategi Bisnis Internasional akan menghasilkan solusi instan untuk semua masalah bisnis di tingkat global, sedangkan dalam kenyataannya mereka harus melakukan analisis mendalam dan menghadapi tantangan kompleks.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Manajer Bisnis Internasional adalah bahwa Ahli Strategi Bisnis Internasional merancang dan mengimplementasikan strategi bisnis jangka panjang, sementara Manajer Bisnis Internasional lebih fokus pada operasional sehari-hari dan eksekusi kegiatan bisnis di pasar internasional.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Studi Bisnis Internasional
Manajemen Keuangan Internasional
Pemasaran Internasional
Ekonomi Pembangunan Internasional
Manajemen Rantai Pasok Internasional
Kejaminan Investasi Internasional
Hubungan Internasional
Kebijakan Publik Internasional
Hukum Bisnis Internasional
Diplomasi dan Negosiasi Internasional

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Astra International
PT Unilever Indonesia
PT Indosat Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Danone Indonesia
PT HM Sampoerna Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Central Asia Tbk