Pekerjaan sebagai ahli media sosial internasional melibatkan pengelolaan dan pengembangan strategi pemasaran melalui platform media sosial.
Tugas utama meliputi membuat konten kreatif, mengelola kampanye iklan, dan menganalisis data untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan mencapai target pemasaran.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan tren media sosial dan komunikasi dengan tim pemasaran dan tim kreatif untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan ahli media sosial internasional adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang tren dan platform media sosial, serta memiliki kemampuan bahasa dan budaya yang luas, sehingga dapat menyampaikan pesan dengan efektif kepada audiens global.
Jika kamu adalah seseorang yang kurang memiliki pengetahuan tentang budaya internasional, tidak aktif di media sosial, dan tidak fasih berbahasa Inggris, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi tentang profesi Ahli Media Sosial Internasional adalah bahwa mereka selalu berada di perjalanan eksotis dan menghadiri acara internasional, padahal kenyataannya banyak pekerjaan yang dilakukan di belakang layar.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Ahli Media Sosial Internasional hanya perlu menghabiskan waktu di media sosial, padahal profesi ini melibatkan strategi, analisis, dan pembuatan konten yang matang.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Influencer adalah bahwa Ahli Media Sosial Internasional lebih fokus pada manajemen akun dan kampanye sosial media klien, sedangkan Influencer lebih berfokus pada membangun dan memelihara citra pribadi mereka.