Sebagai staf penyusunan laporan keuangan, tanggung jawab utama adalah mengumpulkan dan menganalisis data keuangan perusahaan.
Selain itu, tugas juga meliputi pencatatan transaksi keuangan, penyusunan laporan keuangan bulanan dan tahunan, serta memastikan kepatuhan terhadap peraturan akuntansi yang berlaku.
Pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan tim keuangan dan auditor eksternal untuk memastikan laporan keuangan akurat dan terpercaya.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Staf Penyusunan Laporan Keuangan adalah seseorang yang memiliki pemahaman yang kuat tentang akuntansi, memiliki analisis yang baik, dan teliti dalam melakukan perhitungan keuangan yang akurat.
Mengingat pentingnya keakuratan laporan keuangan, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan multitasking yang baik dan kemampuan untuk bekerja dengan tenggat waktu yang ketat.
Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak teliti, kurang memiliki pemahaman tentang akuntansi, dan tidak tertarik dengan analisis data keuangan.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Penyusunan Laporan Keuangan adalah bahwa mereka hanya bertugas menulis laporan tanpa pemahaman yang mendalam tentang keuangan perusahaan. Padahal, sebenarnya mereka memiliki pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan dalam analisis dan interpretasi data keuangan.
Ekspektasi yang salah tentang profesi ini adalah bahwa Staf Penyusunan Laporan Keuangan hanya bekerja saat akhir periode pelaporan. Padahal, mereka sebenarnya terlibat dalam proses sepanjang tahun untuk memastikan kepatuhan dengan standar akuntansi dan menghasilkan laporan yang akurat dan transparan.
Selain itu, perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Akuntan adalah bahwa Staf Penyusunan Laporan Keuangan lebih fokus pada pengolahan dan presentasi data keuangan sedangkan Akuntan bertanggung jawab untuk mengaudit laporan keuangan dengan memeriksa validitas, keakuratan, dan keabsahan informasi yang terdapat dalam laporan.