Pekerjaan sebagai staff administrasi pembelian melibatkan pengelolaan pesanan dan pembelian bahan atau barang yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Tugas utamanya termasuk membuat dan mengelola daftar pesanan, mencari dan membandingkan harga dari berbagai pemasok, serta mengoordinasikan proses pengiriman barang.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan pemasok dan departemen terkait lainnya untuk memastikan kebutuhan perusahaan terpenuhi dengan tepat waktu.
Seorang yang teliti, memiliki kemampuan dalam mengatur dan menyelesaikan tugas administratif, serta dapat berpikir analitis akan cocok dengan pekerjaan sebagai Staff Administrasi Pembelian.
Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dengan supplier dan departemen terkait, serta dapat bekerja dengan tim dalam mengelola pembelian barang dan kebutuhan perusahaan.
Jika kamu adalah seorang yang tidak teliti, tidak teratur dalam menjalankan tugas, dan tidak bisa mengelola waktu dengan baik, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staff administrasi pembelian.
Miskonsepsi tentang Staff Administrasi Pembelian adalah mereka hanya bertugas untuk menerima pesanan dan mengatur proses pengiriman, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam negosiasi harga, pengadaan, dan menjaga hubungan dengan supplier.
Ekspektasi terhadap Staff Administrasi Pembelian adalah mereka akan bekerja dengan cepat dan efisien, namun dalam realitanya mereka seringkali dihadapkan pada masalah seperti supplier yang tidak responsif, perubahan permintaan, atau keterlambatan pengiriman.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Purchasing Manager atau Procurement Officer, adalah Staff Administrasi Pembelian biasanya bertanggung jawab pada tugas-tugas operasional dan administratif, sedangkan peran yang lebih tinggi seperti Purchasing Manager memiliki tanggung jawab strategis dalam pengambilan keputusan pembelian perusahaan.