Supervisor Pemasaran Jasa Pelabuhan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai supervisor pemasaran jasa pelabuhan melibatkan pengawasan dan pengaturan aktivitas pemasaran untuk mempromosikan jasa-jasa yang ditawarkan oleh pelabuhan.

Tugas utama meliputi mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, mengkoordinasikan tim pemasaran, dan memantau hasil kampanye pemasaran untuk mencapai target penjualan.

Selain itu, pekerjaan ini juga memerlukan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, menjalin hubungan dengan mitra bisnis, dan mengikuti perkembangan industri pelayaran dan logistik.

Apa saya cocok bekerja sebagai Supervisor pemasaran jasa pelabuhan?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Supervisor Pemasaran Jasa Pelabuhan adalah seseorang yang memiliki pengalaman di bidang pemasaran, memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, dan mampu membuat strategi pemasaran yang efektif.

Mengingat tugasnya untuk mengkoordinasi tim pemasaran dan mencapai target penjualan, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat dan dapat bekerja dengan tim secara sinergis.

Jika kamu adalah seseorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang memiliki pengetahuan tentang industri perkapalan, dan tidak memiliki minat dalam bidang pemasaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai supervisor pemasaran jasa pelabuhan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang supervisor pemasaran jasa pelabuhan adalah bahwa pekerjaannya hanya mempromosikan pelabuhan kepada calon pengguna jasa, padahal sebenarnya tugasnya juga melibatkan analisis pasar, pengembangan strategi pemasaran, dan pemantauan kompetitor.

Ekspektasi yang salah tentang supervisor pemasaran jasa pelabuhan adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada peningkatan jumlah pelanggan, namun realitanya juga melibatkan fungsi manajemen, seperti mengatur anggaran pemasaran dan kegiatan koordinasi dengan tim penjualan.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti supervisor pemasaran jasa pariwisata, adalah bahwa supervisor pemasaran jasa pelabuhan memiliki bidang kajian yang lebih spesifik, yaitu pemasaran jasa yang terkait dengan pelabuhan dan layanan yang berkaitan dengan bongkar muat, logistik, dan kepabeanan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis
Manajemen Pemasaran
Manajemen Logistik
Manajemen Operasi
Ekonomi Bisnis
Administrasi Bisnis
Manajemen Transportasi dan Logistik
Pemasaran Internasional
Perdagangan Internasional
Manajemen Jasa

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Pelindo IV (Persero) - perusahaan pelabuhan di wilayah Indonesia Timur
Pelindo II (Persero) - perusahaan pelabuhan di wilayah Indonesia Barat
Pelindo III (Persero) - perusahaan pelabuhan di wilayah Indonesia Tengah
PT Terminal Teluk Lamong - perusahaan pelabuhan di Surabaya
PT Terminal Petikemas Surabaya - perusahaan pelabuhan petikemas di Surabaya
PT Terminal Petikemas Semarang - perusahaan pelabuhan petikemas di Semarang
PT Terminal Teluk Bayur - perusahaan pelabuhan di Padang
PT Terminal Petikemas Belawan - perusahaan pelabuhan petikemas di Medan
PT Terminal Petikemas Tanjung Priok - perusahaan pelabuhan petikemas di Jakarta
PT Terminal Petikemas Gresik - perusahaan pelabuhan petikemas di Gresik