Seorang supervisor pendidikan khusus bertanggung jawab mengawasi dan mendukung pelaksanaan program pendidikan khusus di sekolah atau lembaga pendidikan.
Tugas utama meliputi mengkoordinasi kegiatan evaluasi, pengembangan kurikulum, dan pelatihan bagi guru-guru pendidikan khusus.
Selain itu, supervisor pendidikan khusus juga bertanggung jawab dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan program pendidikan khusus dan memberikan bimbingan kepada guru dan staf pendidikan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Supervisor Pendidikan Khusus adalah seseorang yang memiliki pengalaman dalam bidang pendidikan khusus, memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, dan mampu menghadapi tantangan dalam mengkoordinasikan program pendidikan khusus.
Sebagai supervisor, individu juga harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang undang-undang pendidikan khusus dan kebutuhan siswa dengan kebutuhan khusus yang berbeda-beda.
Jika kamu tidak sabar, tidak bisa berempati, dan tidak mampu bekerja dengan individu yang memiliki kebutuhan khusus, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan menjadi supervisor pendidikan khusus.
Miskonsepsi tentang supervisor pendidikan khusus adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk memberikan bantuan kepada siswa dengan kebutuhan khusus, padahal mereka juga bertugas mengawasi dan mendukung guru-guru dalam implementasi program pendidikan inklusif.
Ekspektasi terhadap supervisor pendidikan khusus seringkali lebih tinggi daripada realitasnya. Banyak yang mengira bahwa mereka bisa menyelesaikan semua masalah terkait pendidikan khusus dengan cepat, padahal tugas mereka lebih banyak berfokus pada koordinasi, pemantauan, dan pelatihan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru pendidikan khusus, adalah bahwa supervisor pendidikan khusus lebih bertanggung jawab pada aspek manajerial dan administratif. Mereka juga bekerja dengan berbagai individu dan lembaga terkait pendidikan khusus, seperti orangtua, pengajar, dan pemerintah.