Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan melibatkan pemantauan dan evaluasi pemasaran produk kesehatan setelah diluncurkan di pasar.

Tugas utama meliputi analisis penjualan, pengumpulan data konsumen, serta pelaporan mengenai kinerja produk kesehatan dan strategi pemasaran yang efektif.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan hubungan dengan tim pemasaran, pelanggan, dan pihak terkait lainnya untuk menjaga kualitas dan keberlanjutan produk kesehatan dalam pasar.

Apa saya cocok bekerja sebagai Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan?

Seorang yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam bidang pemasaran dan kesehatan, serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang pasca-pemasaran produk kesehatan, akan cocok untuk menjadi Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan.

Dalam peran ini, individu tersebut harus memiliki keterampilan analitis dan pemecahan masalah yang baik, serta kemampuan untuk bekerja dengan berbagai pihak terkait seperti tim pemasaran, konsumen, dan tenaga medis.

Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang produk kesehatan, tidak memiliki keterampilan dalam mengidentifikasi kebutuhan pasien, dan tidak memiliki kemampuan dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, maka kamu tidak cocok untuk menjadi Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan adalah bahwa mereka hanya perlu menjual produk tanpa memperhatikan kebutuhan dan efektivitasnya, padahal sebenarnya mereka bertanggung jawab untuk memastikan produk kesehatan tersebut aman dan efektif bagi konsumen.

Ekspektasi yang biasa salah adalah bahwa Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran Produk Kesehatan hanya bertugas untuk mempromosikan produk secara meluas, padahal sebenarnya mereka juga harus monitor dan analisis kepuasan konsumen serta melibatkan tim riset dan pengembangan dalam meningkatkan kualitas produk.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Sales Representative Produk Kesehatan, adalah bahwa Tenaga Ahli Pasca-Pemasaran lebih fokus pada tugas analisis dan pengembangan produk serta peningkatan kepuasan konsumen, sementara Sales Representative bertanggung jawab utama dalam penjualan langsung produk.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pemasaran
Manajemen Pemasaran
Farmasi
Kesehatan Masyarakat
Ilmu Kedokteran Komunitas
Administrasi Rumah Sakit
Keperawatan
Komunikasi Pemasaran
Teknologi Informasi Kesehatan
Analisis Data Kesehatan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Kimia Farma Tbk
PT Kalbe Farma Tbk
PT SOHO Industri Pharmasi
PT Pharos Indonesia
PT Dexa Medica
PT Tempo Scan Pacific Tbk
PT Merck Tbk
PT Combiphar
PT Sanbe Farma
PT Indofarma Tbk