Travel Blogger

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai travel blogger melibatkan menjelajahi berbagai tempat wisata dan membuat konten yang menarik untuk dibagikan kepada pembaca atau pengikut.

Tugas utamanya adalah mengunjungi destinasi wisata, mengambil foto dan video, dan menulis ulasan serta pengalaman pribadi tentang tempat tersebut.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan promosi dan kerjasama dengan mitra brand atau pariwisata, serta interaksi dengan pembaca atau pengikut di media sosial.

Apa saya cocok bekerja sebagai Travel blogger?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Travel Blogger adalah seseorang yang suka menjelajahi tempat baru, memiliki kemampuan menulis yang baik, serta mampu mengambil foto dan membuat konten yang menarik.

Sebagai seorang Travel Blogger, orang tersebut juga harus memiliki kreativitas tinggi dalam merencanakan perjalanan dan mampu beradaptasi dengan berbagai situasi dan budaya yang berbeda.

Jika Anda tidak suka berpetualang, tidak suka menulis, dan tidak memiliki minat dalam berbagi pengalaman perjalanan, kemungkinan Anda tidak cocok menjadi seorang travel blogger.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Menjadi travel blogger berarti bisa bepergian ke tempat-tempat indah dan mendapatkan pengalaman seru setiap saat. Realita: Sebenarnya, menjadi seorang travel blogger juga membutuhkan banyak waktu untuk mengedit foto, menulis konten, dan berinteraksi dengan para pengikut.

Perbedaan dengan profesi mirip: Seorang travel blogger berfokus pada perjalanan, mencari pengalaman baru, dan membagikan tips perjalanan kepada pengikutnya. Sementara itu, seorang travel agent lebih fokus pada merencanakan dan mengatur perjalanan orang lain sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Miskonsepsi: Banyak orang berpikir bahwa menjadi seorang travel blogger berarti mendapatkan banyak uang secara instan. Padahal, dalam kenyataannya, membangun karir sebagai travel blogger membutuhkan waktu, berbagai upaya, dan kerja keras untuk memikat audiens dan mendapatkan kerjasama dengan merek atau hotel.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Pariwisata dan Perhotelan
Komunikasi dan Public Relations
Jurnalisme dan Penulisan Kreatif
Seni dan Desain Grafis
Fotografi dan Videografi
Bisnis dan Kewirausahaan
Bahasa Asing (misalnya Bahasa Inggris, Spanyol, atau Prancis)
Studi Budaya dan Antropologi
Ilmu Komunikasi dan Media
Teknologi Informasi dan Komputer (untuk mengembangkan blog dan media sosial)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tiket.com
Traveloka
Garuda Indonesia
AirAsia
Javara Indigenous Indonesia
Wonderful Indonesia
BCA Travel
Club Med
TransNusa
MNC Travel