Manajemen Jasa

  Jurusan Kuliah   Tingkat D3

Definisi dan intro

Jurusan Manajemen Jasa adalah program studi yang menekankan pada pengelolaan dan pemasaran jasa.

Sebagai mahasiswa di jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti manajemen jasa, pemasaran, kewirausahaan, dan inovasi.

Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola dan memasarkan berbagai jenis layanan, seperti layanan perhotelan, pariwisata, keuangan, atau konsultasi.

Jurusan Manajemen Jasa sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dan kemampuan di bidang pelayanan, berkomunikasi dengan baik, dan memiliki kreativitas dalam menciptakan pengalaman yang memuaskan untuk pelanggan.

Apa yang dipelajari?

Mata kuliah di jurusan Manajemen Jasa mempelajari ilmu tentang:

  • Akuntansi Dasar
  • Etika Bisnis dan Profesionalisme
  • Hukum Bisnis dan Peraturan Perundang-undangan Jasa
  • Ilmu Perilaku Organisasi
  • Keuangan dan Perbankan
  • ...dan 15 lainnya
  • Login untuk lihat lengkapnya

Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Jasa tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.

Miskonsepsi, ekspektasi dan realita

1. Banyak yang berpikir bahwa jurusan Manajemen Jasa hanya mengajarkan tentang cara memberikan pelayanan, padahal juga mendalam mengenai strategi bisnis dan analisis pasar.

2. Calon mahasiswa seringkali mengira Manajemen Jasa identik dengan Perhotelan, tetapi Manajemen Jasa memiliki lingkup yang lebih luas termasuk sektor keuangan, kesehatan, dan pendidikan.

3. Sementara manajemen umum fokus pada aspek organisasi secara keseluruhan, Manajemen Jasa spesifik mengeksplorasi cara mengoptimalkan pengalaman pelanggan dan memperbaiki kualitas layanan.

Bagaimana prospek karirnya?

Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Jasa:

Kampus yang menyediakan program studi

  • Universitas Trisakti ( D3 Akreditasi B )   lihat »