Jurusan Manajemen Perdagangan adalah program studi yang berfokus pada pengelolaan operasional perusahaan dalam bidang perdagangan.
Mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari mata kuliah seperti pemasaran, manajemen rantai pasok, analisis pasar, dan manajemen penjualan.
Jurusan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola bisnis perdagangan, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, serta memahami dinamika pasar yang sedang berjalan.
Jurusan Manajemen Perdagangan sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam berbisnis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan berpikir strategis dalam mengelola perusahaan.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Perdagangan mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Perdagangan tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Jurusan Manajemen Perdagangan hanya mengajarkan cara berjualan, padahal realitanya program studi ini juga menekankan pada strategi bisnis, pemasaran, dan analisis pasar.
2. Salah satu miskonsepsi umum adalah mengira jurusan Manajemen Perdagangan serupa dengan Ekonomi, tetapi keduanya berbeda dimana Manajemen Perdagangan lebih spesifik pada operasional dan pengelolaan dalam perdagangan.
3. Seringkali orang berpikir lulusan Manajemen Perdagangan hanya bisa bekerja di toko atau menjadi pedagang, padahal peluang karir mereka luas, termasuk di perusahaan multinasional, lembaga keuangan, dan konsultasi bisnis.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Perdagangan: