Ahli Komunikasi Bisnis

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai ahli komunikasi bisnis melibatkan strategi dan implementasi komunikasi yang efektif untuk mempromosikan dan memperluas bisnis.

Tugas utama mencakup menyusun rencana komunikasi, membuat materi promosi yang menarik, dan mengelola kampanye pemasaran yang efektif.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis dan evaluasi hasil komunikasi yang dilakukan, serta berkolaborasi dengan tim lain untuk mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Ahli Komunikasi Bisnis?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Ahli Komunikasi Bisnis adalah seorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, pemahaman yang mendalam tentang strategi bisnis, dan kreativitas dalam mengembangkan solusi komunikasi yang efektif, akan cocok dengan pekerjaan Ahli Komunikasi Bisnis.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan analitis yang baik, mampu bekerja dalam tim, dan memiliki pemahaman yang solid tentang pasar dan tren bisnis.

Jika kamu bukanlah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, gagap dalam berbicara di depan orang banyak, dan tidak memiliki kemampuan membangun hubungan yang baik dengan klien, maka kamu tidak cocok sebagai seorang Ahli Komunikasi Bisnis.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Ahli Komunikasi Bisnis adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat materi pemasaran yang menarik secara visual, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pengetahuan mendalam tentang strategi komunikasi, analisis pasar, dan pengelolaan merek.

Ekspektasi terhadap profesi Ahli Komunikasi Bisnis seringkali menganggap bahwa mereka hanya bekerja di belakang layar dan tidak perlu berinteraksi langsung dengan klien atau pelanggan, padahal kenyataannya mereka harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat dan mampu bekerja dengan berbagai pihak terkait dalam berbagai proyek.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Pemasar atau PR adalah bahwa Ahli Komunikasi Bisnis fokus lebih pada aspek komunikasi internal dan eksternal perusahaan, sedangkan Pemasar lebih berorientasi pada upaya penjualan dan promosi produk, sementara PR lebih berkaitan dengan hubungan masyarakat dan manajemen reputasi perusahaan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Komunikasi Pemasaran
Hubungan Masyarakat
Manajemen Komunikasi
Jurnalistik
Public Relations
Ilmu Komunikasi
Marketing
Digital Marketing
Komunikasi Korporat

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Telkomsel
Pertamina
Unilever Indonesia
Bank Mandiri
Astra International
Gojek
Tokopedia
Bukalapak
Garuda Indonesia
XL Axiata