Asisten Manajer Pusat Bantuan Pelanggan Internasional

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai asisten manajer pusat bantuan pelanggan internasional melibatkan membantu manajer dalam mengkoordinasikan dan mengelola operasional pusat bantuan pelanggan internasional.

Tugas utama meliputi mengawasi kinerja tim, menangani keluhan pelanggan yang kompleks, dan menyediakan solusi dan dukungan yang efektif kepada pelanggan internasional.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan metric kinerja pusat bantuan, mengembangkan dan melaksanakan inisiatif peningkatan layanan pelanggan, serta bekerja sama dengan tim lintas fungsional untuk meningkatkan kualitas layanan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Asisten manajer pusat bantuan pelanggan internasional?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai Asisten Manajer Pusat Bantuan Pelanggan Internasional adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik dalam bahasa asing, memiliki pengalaman dalam bekerja dengan pelanggan internasional, dan mampu mengatasi masalah dengan efektif.

Kemampuan organisasi yang baik dan keahlian dalam mengelola waktu juga merupakan hal yang penting untuk pekerjaan ini, untuk dapat secara efisien mengkoordinasikan tugas-tugas dan menyelesaikan permintaan pelanggan secara tepat waktu.

Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah orang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak dapat beradaptasi dengan budaya dan bahasa yang berbeda, serta tidak memiliki ketekunan dalam menyelesaikan masalah pelanggan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Asisten Manajer Pusat Bantuan Pelanggan Internasional adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan menerima panggilan dan menjawab pertanyaan para pelanggan secara rutin, padahal sebenarnya mereka juga harus mengatasi masalah rumit dan mendukung proses manajemen di tingkat internasional.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa Asisten Manajer Pusat Bantuan Pelanggan Internasional hanya perlu mengerti salah satu bahasa internasional, sementara sebenarnya pekerjaan ini membutuhkan kemampuan bilingual atau multilingual dan pengetahuan mendalam tentang budaya serta gaya berkomunikasi yang berbeda di berbagai negara.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Asisten Manajer Pusat Bantuan Pelanggan Lokal adalah bahwa asisten manajer internasional harus memahami hukum, peraturan, dan kebijakan yang berbeda di negara-negara yang dilayani, serta memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi bisnis global yang terus berubah.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Bisnis Internasional
Manajemen Pemasaran Internasional
Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional
Administrasi Bisnis Internasional
Manajemen Logistik dan Suplai Internasional
Hubungan Internasional
Komunikasi Antarbudaya
Keuangan Internasional
Pemasaran Internasional
Bahasa Asing dengan Spesialisasi Internasional (misalnya, Bahasa Inggris untuk Bisnis Internasional)

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Indosat Tbk
PT Astra International Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT XL Axiata Tbk