Communications Coordinator

  Profil Profesi

Sebagai Communications Coordinator, tugas utama adalah mengelola dan mengkoordinasikan semua kegiatan komunikasi internal dan eksternal perusahaan.

Pekerjaan meliputi penyusunan dan pengeditan materi komunikasi, seperti surat, email, dan publikasi internal.

Selain itu, Communications Coordinator juga bertanggung jawab untuk menjaga citra perusahaan melalui strategi komunikasi yang efektif dan menjalin hubungan dengan media dan pihak terkait lainnya.

Apa saya cocok bekerja sebagai Communications Coordinator?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Communications Coordinator adalah seorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi verbal dan tertulis yang baik, serta mampu bekerja dengan efektif dalam tim.

Sebagai Communications Coordinator, seseorang juga harus memiliki kemampuan multitasking yang tinggi, mampu mengelola proyek dengan baik, dan memiliki pemahaman yang baik tentang media sosial dan strategi pemasaran.

Jika kamu adalah seorang yang tidak suka berkomunikasi dengan orang banyak, tidak kreatif dalam merancang strategi pemasaran, dan tidak mampu bekerja dalam tekanan yang tinggi, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Communications Coordinator.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang Communications Coordinator seringkali adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk mengelola media sosial, namun dalam realita, mereka juga harus mengatur strategi komunikasi, merancang materi promosi, dan berkoordinasi dengan berbagai departemen.

Salah satu miskonsepsi lain tentang Communications Coordinator adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan penulisan dan komunikasi verbal, tetapi pada kenyataannya, mereka juga harus memiliki keterampilan desain grafis dan penggunaan perangkat lunak terkait untuk menciptakan materi promosi yang menarik.

Perbedaan antara Communications Coordinator dan Public Relations Manager adalah bahwa Communications Coordinator lebih berfokus pada komunikasi internal dan eksternal dalam organisasi, sedangkan Public Relations Manager lebih fokus pada membangun hubungan dengan media dan masyarakat umum untuk mempromosikan citra perusahaan secara keseluruhan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Ilmu Komunikasi
Public Relations
Jurnalistik
Broadcasting
Komunikasi Pemasaran
Hubungan Masyarakat
Teknik Komunikasi
Komunikasi Massa
Kesusastraan
Multimedia dan Desain Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Telkom Indonesia
PT Astra International Tbk
PT Pertamina (Persero)
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk