Sebagai conference manager, tugas utama adalah merencanakan, mengatur, dan mengkoordinasikan semua aspek terkait dengan konferensi atau acara besar.
Pekerjaan ini melibatkan mendapatkan tempat, mengorganisir jadwal acara, mengurus perizinan, memilih pembicara dan panelis, serta mengatur logistik lainnya seperti akomodasi dan transportasi.
Selain itu, seorang conference manager juga bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran acara, termasuk memecahkan masalah yang mungkin muncul selama konferensi berlangsung.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Conference Manager adalah seorang yang memiliki kemampuan organisasi yang baik, komunikatif, dan dapat bekerja dengan cermat dalam mengatur acara-acara konferensi.
Conference manager juga perlu memiliki kemampuan bernegosiasi yang kuat, mampu bekerja di bawah tekanan, dan memiliki ketertarikan yang tinggi dalam bidang event management.
Jika kamu adalah seorang yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak menyukai kerja tim, dan tidak dapat menghadapi tekanan dari banyaknya tugas yang harus dilakukan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai conference manager.
Miskonsepsi tentang seorang Conference Manager adalah bahwa pekerjaannya hanya mengatur konferensi dan pertemuan yang glamor, tanpa menyadari bahwa pekerjaan ini juga melibatkan banyak pekerjaan administratif dan logistik yang kompleks.
Ekspektasi umum adalah bahwa Conference Manager adalah orang yang sering bepergian dan menghadiri acara-acara eksklusif, tetapi kenyataannya, sebagian besar pekerjaannya dilakukan di belakang layar, seperti mengatur jadwal, merencanakan anggaran, dan berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait.
Perbedaannya dengan profesi yang mirip seperti Event Planner adalah bahwa Conference Manager lebih fokus pada organisasi acara-acara konferensi yang memiliki skala besar dan berfokus pada bidang tertentu, sementara Event Planner cenderung lebih serbaguna dalam merencanakan berbagai jenis acara.