Sebagai Corporate Banking Officer, tanggung jawabnya adalah menangani kebutuhan perbankan perusahaan.
Tugas utama meliputi menganalisis keuangan perusahaan, menyusun proposal pembiayaan, dan melakukan negosiasi dengan klien.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan memantau dan mengelola hubungan dengan klien yang ada serta melakukan pemasaran untuk mendapatkan klien baru.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Corporate Banking Officer adalah seorang yang memiliki pengetahuan yang kuat tentang keuangan, analisis risiko, dan strategi bisnis, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan klien dan rekan kerja.
Dalam posisi ini, penting bagi orang yang cocok menjadi Corporate Banking Officer untuk memiliki keterampilan analitis yang tinggi, kemampuan mengambil keputusan yang tepat, dan kedisiplinan dalam menjalankan tugas-tugas sehari-hari.
Jika kamu adalah seorang yang tidak tertarik dengan dunia bisnis, tidak memiliki kemampuan analisis keuangan yang kuat, serta tidak suka berinteraksi dengan pelanggan, maka kamu tidak cocok menjadi Corporate Banking Officer.
Miskonsepsi tentang profesi Corporate Banking Officer adalah bahwa pekerjaannya hanya melibatkan aktivitas perbankan rutin, padahal sebenarnya ia juga harus memahami analisis keuangan perusahaan dan melakukan strategi bisnis yang kompleks.
Ekspektasi terhadap Corporate Banking Officer seringkali puas dengan anggapan bahwa mereka akan memperoleh gaji yang tinggi dan memiliki kehidupan yang glamor, padahal kenyataannya pekerjaan ini juga memerlukan tanggung jawab yang besar dan tingkat stres yang tinggi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Relationship Manager di bank, adalah bahwa Corporate Banking Officer bertanggung jawab untuk menangani kebutuhan keuangan perusahaan besar dan bisnis di tingkat korporat, sementara Relationship Manager berfokus pada hubungan dengan nasabah perorangan atau bisnis kecil dan menengah.