Digital Marketing Executive

  Profil Profesi

Sebagai seorang eksekutif pemasaran digital, tugas saya adalah mengelola dan mengembangkan kampanye pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk atau layanan.

Tanggung jawab utama meliputi merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis strategi pemasaran digital untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan brand awareness.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan dan pelaporan kinerja kampanye, serta berkolaborasi dengan tim kreatif, pengembang web, dan manajemen produk untuk menciptakan pengalaman digital yang optimal bagi pengguna.

Apa saya cocok bekerja sebagai Digital marketing executive?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Digital Marketing Executive adalah seorang yang kreatif, memiliki pemahaman yang baik tentang teknologi dan tren digital, serta memiliki kemampuan analitis yang kuat dalam merancang strategi pemasaran online yang efektif.

Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mampu mengelola proyek dengan baik, dan selalu siap untuk belajar dan beradaptasi dengan cepat dengan perkembangan industri digital yang terus berubah.

Jika kamu tidak memiliki minat atau keahlian dalam bidang pemasaran, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan Digital Marketing Executive.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Digital Marketing Executive adalah bahwa pekerjaan ini hanya tentang posting artikel di media sosial. Realitanya, pekerjaan ini melibatkan pengelolaan kampanye iklan, analisis data, dan strategi pemasaran digital yang kompleks.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Social Media Manager, adalah bahwa Digital Marketing Executive bertanggung jawab tidak hanya untuk mengelola media sosial, tetapi juga mengawasi seluruh strategi pemasaran digital perusahaan.

Salah satu ekspektasi yang umum tentang Digital Marketing Executive adalah bahwa mereka akan langsung melihat hasil yang besar dalam waktu singkat. Realitanya, pembangunan merek dan strategi pemasaran digital membutuhkan waktu, kerja keras, dan konsistensi untuk mencapai hasil yang signifikan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Digital Marketing
Komunikasi Pemasaran
Ilmu Komunikasi
Manajemen Bisnis E-commerce
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Ilmu Komputer
Desain Grafis
Studi Media dan Komunikasi
Pemasaran
Manajemen pemasaran dan jasa

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Tokopedia
Bukalapak
Traveloka
Gojek
Lazada
Shopee
Kompas Gramedia
Telkom Indonesia
Grab
Matahari Department Store