Pekerjaan Kepala bagian SDM melibatkan pengelolaan sumber daya manusia dalam suatu perusahaan.
Tugas utamanya adalah merencanakan dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kepegawaian dan pengembangan karyawan.
Selain itu, Kepala bagian SDM juga berperan dalam mendukung perusahaan dalam hal rekrutmen, pelatihan, penggajian, serta menangani masalah-masalah karyawan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Kepala Bagian SDM adalah seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang manajemen sumber daya manusia, mampu menyusun kebijakan serta strategi yang efektif dalam mengelola kegiatan SDM perusahaan.
Selain itu, seorang Kepala Bagian SDM juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik, dapat bekerja secara kolaboratif dengan tim, dan memiliki kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat.
Orang yang kurang memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengatur sumber daya manusia serta tidak memiliki keterampilan dalam membuat keputusan personalia yang tepat tidak cocok untuk menjadi kepala bagian SDM.
Miskonsepsi tentang profesi Kepala Bagian SDM adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan pengelolaan administrasi pegawai dan penggajian. Padahal, tugasnya lebih luas mencakup perencanaan, pengembangan, dan manajemen SDM secara strategis.
Ekspektasi umum tentang Kepala Bagian SDM adalah mereka hanya bertanggung jawab untuk merekrut dan memilih karyawan yang tepat. Namun, realitanya, mereka juga harus mengelola konflik, melakukan program pelatihan, dan membantu meningkatkan performa karyawan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti HR Manager, adalah bahwa Kepala Bagian SDM lebih berfokus pada aspek strategis pengembangan SDM dalam organisasi, sedangkan HR Manager lebih fokus pada pelaksanaan kebijakan dan program HR yang sudah ada.