Pekerjaan sebagai manajer kualitas penerbangan melibatkan pengawasan dan pengendalian mutu dalam operasional penerbangan.
Tugas utama meliputi melakukan audit keamanan dan keselamatan penerbangan, mengembangkan kebijakan dan prosedur, serta melaksanakan program pelatihan kepada staf.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis data, pemantauan kinerja, dan peningkatan sistem manajemen kualitas untuk memastikan kepatuhan terhadap standar penerbangan yang ditetapkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Kualitas Penerbangan adalah seseorang yang memiliki pengetahuan luas tentang industri penerbangan, memiliki kemampuan analitis yang kuat, dan dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.
Dalam posisi ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik, dapat bekerja dalam tekanan, dan dapat berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak terkait.
Jika kamu adalah seseorang yang tidak teliti, kurang memiliki kepekaan terhadap detail, dan tidak memiliki kemampuan analitis yang kuat, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai manajer kualitas penerbangan.
Miskonsepsi tentang Manajer Kualitas Penerbangan adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan keamanan penerbangan, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa layanan dan pengalaman penumpang juga berjalan dengan baik.
Ekspektasi yang salah tentang Manajer Kualitas Penerbangan adalah bahwa mereka dapat mengubah atau memperbaiki masalah dalam waktu singkat, namun realitanya adalah mereka perlu melibatkan beberapa departemen dan melakukan evaluasi yang mendalam untuk menemukan solusi yang tepat.
Perbedaan antara profesi Manajer Kualitas Penerbangan dengan profesi yang mirip seperti Pilot adalah bahwa Manajer Kualitas Penerbangan lebih fokus pada aspek manajerial dan analitis dalam memastikan keselamatan dan kualitas penerbangan, sementara Pilot lebih berfokus pada tugas operasional dalam mengemudikan pesawat.