Tugas dalam pekerjaan sales dan marketing di industri penerbangan meliputi mengidentifikasi potensi pasar, mengembangkan strategi penjualan, dan mempromosikan produk atau layanan perusahaan penerbangan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan negosiasi dengan pelanggan, membuat proposal penjualan, dan membangun hubungan yang baik dengan agen perjalanan dan mitra bisnis lainnya.
Keberhasilan pekerjaan ini bergantung pada kemampuan untuk memahami kebutuhan pelanggan, mengikuti perkembangan industri penerbangan, dan mencari peluang baru untuk meningkatkan penjualan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Sales dan Marketing di industri penerbangan adalah seorang yang berkomunikasi dengan baik, memiliki kemampuan negosiasi yang tinggi, dan mampu bekerja di bawah tekanan.
Sebagai industri yang sangat kompetitif, seorang kandidat juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang industri penerbangan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tren dan permintaan pasar.
Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang lain, tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan tidak fleksibel dalam menangani perubahan, maka pekerjaan dalam sales dan marketing di industri penerbangan tidak cocok untukmu.
Miskonsepsi tentang profesi Sales dan Marketing di industri penerbangan adalah bahwa pekerjaannya hanya berkutat pada menjual tiket atau paket liburan, padahal sebenarnya mereka juga bertugas untuk menjaga hubungan baik dengan mitra bisnis dan membantu memperluas jaringan kerja.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa profesi Sales dan Marketing di industri penerbangan akan memberikan banyak kesempatan untuk bepergian dan liburan gratis, padahal faktanya sebagian besar tugas mereka dilakukan di kantor dan melibatkan analisis pasar, strategi penjualan, dan negosiasi dengan klien.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Customer Service adalah bahwa Sales dan Marketing di industri penerbangan bertanggung jawab dalam mencari pelanggan baru, menjual produk atau layanan, serta membangun hubungan bisnis, sementara Customer Service lebih fokus pada memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan.