Pekerjaan sebagai Marketing Communication Manager melibatkan pengelolaan dan koordinasi segala kegiatan komunikasi pemasaran.
Tugas utama adalah merencanakan dan melaksanakan strategi komunikasi pemasaran, seperti periklanan, promosi, dan kegiatan public relations.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan mengelola tim, berkolaborasi dengan departemen lain, dan mengawasi pencapaian tujuan pemasaran melalui komunikasi yang efektif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Communication Manager adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, dan mampu mengelola proyek dengan baik, akan cocok dengan pekerjaan Marketing Communication Manager.
Sebagai seorang manajer komunikasi pemasaran, individu ini juga harus memiliki kepemimpinan yang baik, mampu berinovasi, dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang industri dan pasar yang mereka layani.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Marketing Communication Manager adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kurang kreatif dalam mendesain strategi pemasaran, serta tidak memiliki kemampuan mengelola proyek dengan efektif.
Miskonsepsi tentang profesi Marketing Communication Manager adalah bahwa mereka hanya bertanggung jawab untuk membuat materi iklan dan promosi. Padahal, tugas mereka meliputi strategi komunikasi, hubungan masyarakat, manajemen merek, dan lain-lain.
Ekspektasi terhadap Marketing Communication Manager seringkali berpusat pada kemampuan mereka dalam membuat kampanye yang sukses secara instan. Namun, dalam realita sehari-hari, mereka perlu melakukan riset, analisis pasar, dan bekerja sama dengan tim lain untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Advertising Manager, adalah bahwa Marketing Communication Manager lebih berfokus pada komunikasi secara menyeluruh yang melibatkan banyak elemen, sedangkan Advertising Manager lebih berorientasi pada pembuatan iklan dan materi promosi. Peran Marketing Communication Manager juga lebih strategis dan melibatkan lebih banyak aspek dalam pemasaran.