Marketing Research Analyst

  Profil Profesi

Seorang Analis Riset Pemasaran bertanggung jawab untuk melakukan penelitian pasar, menganalisis data yang terkait dengan tren dan perilaku konsumen.

Tugas utamanya meliputi pengumpulan data melalui berbagai metode penelitian, seperti survei, wawancara, dan analisis data sekunder.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan interpretasi dan presentasi data kepada manajemen atau klien untuk membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran dengan lebih efektif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Marketing Research Analyst?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Marketing Research Analyst adalah seseorang yang analitis, memiliki kemampuan penelitian yang kuat, dan mampu menganalisis data dengan cerdas, akan cocok dengan pekerjaan Marketing Research Analyst.

Sebagai seorang Marketing Research Analyst, seseorang juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja secara independen, dan memiliki ketelitian yang tinggi dalam mengolah informasi.

Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan Marketing Research Analyst adalah seseorang yang tidak suka menganalisis data, kurang memiliki kemampuan dalam melakukan riset pasar, dan tidak tertarik dalam menginterpretasi hasil penelitian.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Marketing Research Analyst adalah bahwa pekerjaannya hanya berfokus pada analisis data secara statistik, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki kemampuan dalam menganalisis tren pasar dan perilaku konsumen.

Ekspektasi yang salah adalah bahwa Marketing Research Analyst hanya bekerja di belakang layar, tanpa interaksi langsung dengan klien atau tim pemasaran. Namun dalam realita, mereka juga terlibat dalam presentasi hasil penelitian dan berkolaborasi dengan tim marketing.

Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Data Analyst, terletak pada fokus pekerjaan. Marketing Research Analyst lebih terkait dengan penelitian pasar dan analisis konsumen, sedangkan Data Analyst lebih fokus pada analisis data dalam konteks yang lebih luas, termasuk dalam bidang bisnis yang tidak terbatas pada pemasaran.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Statistik
Matematika
Ekonomi
Komunikasi
Sosiologi
Psikologi
Manajemen Bisnis
Ilmu Komputer
Pemasaran (Marketing)
Ilmu Perilaku Konsumen

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT Unilever Indonesia
PT Indofood Sukses Makmur Tbk
PT Astra International Tbk
PT Telkom Indonesia Tbk
PT Bank Central Asia Tbk
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
PT XL Axiata Tbk
PT Matahari Department Store Tbk
PT Nestle Indonesia