Sebagai Media Relations Coordinator, tanggung jawabnya adalah membangun dan menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan media massa.
Tugas utamanya meliputi penyiapan dan penyebaran siaran pers, menjawab pertanyaan media, dan mengatur wawancara dengan perwakilan perusahaan.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemantauan liputan media, mengidentifikasi isu sensitif, dan memberikan saran strategis kepada manajemen perusahaan dalam menghadapi media.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Media Relations Coordinator adalah seorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, mampu berhubungan dengan berbagai pihak, dan tanggap terhadap situasi yang terjadi dalam industri media dan komunikasi.
Kemampuan untuk bekerja di bawah tekanan, multitasking, dan fleksibel dalam menjalankan tugas dan bertindak sebagai penghubung antara perusahaan dengan media adalah faktor kunci kesuksesan dalam peran ini.
Jika kamu adalah seorang yang tidak suka berkomunikasi dengan orang lain, tidak memiliki kemampuan interpersonal yang baik, dan kurang memiliki ketertarikan pada media dan hubungan masyarakat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Media Relations Coordinator.
Ekspektasi: Seorang Media Relations Coordinator diharapkan hanya bertanggung jawab untuk mengirimkan siaran pers dan mengkoordinasikan hubungan media. Realita: Seorang Media Relations Coordinator juga harus mengelola krisis, menjaga citra perusahaan, dan berinteraksi dengan berbagai pihak terkait.
Miskonsepsi adalah bahwa Media Relations Coordinator selalu berhubungan dengan wartawan dan media massa. Padahal, tugas mereka melibatkan tidak hanya wartawan, tetapi juga melibatkan hubungan dengan pihak internal dan staf eksekutif perusahaan.
Perbedaan dengan Public Relations (Hubungan Masyarakat) Manager adalah bahwa Media Relations Coordinator secara khusus fokus pada hubungan dengan media dan wartawan, sedangkan Public Relations Manager lebih luas dan melingkupi semua aspek hubungan masyarakat termasuk strategi komunikasi, pemasaran, dan branding.