Sebagai koordinator acara perjalanan, tugas utama meliputi perencanaan dan pelaksanaan acara perjalanan, termasuk reservasi tiket, pengaturan akomodasi, dan pengaturan transportasi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat, seperti hotel, maskapai penerbangan, dan pemandu tur, serta memastikan semua rincian dan persiapan perjalanan berjalan dengan lancar.
Tugas lainnya meliputi pembuatan jadwal acara, penanganan perizinan, dan pemantauan anggaran untuk acara perjalanan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Travel Event Coordinator adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan organisasi yang baik, dan mampu bekerja di bawah tekanan dalam mengkoordinasikan acara perjalanan.
Berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dan mengatur detail-detil acara perjalanan menjadi kunci kesuksesan dalam pekerjaan Travel Event Coordinator.
Jika kamu tidak suka bepergian, tidak memiliki kemampuan mengorganisir acara dengan baik, dan tidak suka bekerja dalam tenggat waktu yang ketat, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi seorang travel event coordinator.
Miskonsepsi tentang travel event coordinator adalah bahwa pekerjaannya hanya berkaitan dengan perjalanan yang menyenangkan dan liburan, padahal sebenarnya mereka juga harus menghadapi tantangan dan tekanan dalam mengorganisir acara.
Ekspektasi terhadap travel event coordinator seringkali berupa gambaran bahwa mereka hanya akan berada di tempat-tempat indah dan berlibur sepanjang waktu, padahal kenyataannya mereka harus bekerja keras dalam mengatur dan mengkoordinasikan setiap detail acara.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti travel agent adalah bahwa travel event coordinator lebih fokus pada perencanaan dan pengorganisirannya acara-acara khusus, sedangkan travel agent lebih fokus pada pengaturan perjalanan dan pemesanan tiket.