Bekerja di bidang pengelola pusat sumber belajar inklusi melibatkan pengumpulan, pemeliharaan, dan distribusi bahan belajar yang mendukung pendidikan inklusif.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi dan menjaga ketersediaan bahan belajar yang sesuai untuk siswa dengan kebutuhan khusus, serta mengembangkan dan menyediakan bahan belajar yang mendukung inklusi.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan guru, orang tua, dan tenaga pendidik lainnya dalam menyediakan sumber belajar yang relevan dan efektif untuk siswa inklusif.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Pengelola pusat sumber belajar inklusi adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang inklusi pendidikan, memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengatur koleksi bahan belajar yang relevan, serta memiliki kemampuan dalam mengembangkan program pembelajaran yang inklusif.
Jika kamu tidak memiliki minat atau pemahaman tentang inklusi, kamu mungkin tidak cocok dengan pekerjaan sebagai pengelola pusat sumber belajar inklusi.
Miskonsepsi tentang profesi Pengelola Pusat Sumber Belajar Inklusi adalah bahwa tugas utamanya hanya sebatas mengelola buku dan materi pembelajaran, padahal sebenarnya mereka juga harus memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus.
Ekspektasi tentang profesi ini seringkali menganggap Pengelola Pusat Sumber Belajar Inklusi hanya akan berada di ruang baca atau perpustakaan, padahal mereka juga harus aktif melakukan kolaborasi dengan guru, siswa, dan orang tua dalam menyediakan sumber daya pembelajaran yang inklusif.
Perbedaan dengan profesi lain seperti pustakawan biasa adalah bahwa Pengelola Pusat Sumber Belajar Inklusi memiliki tanggung jawab yang lebih spesifik dalam menghadapi kebutuhan belajar anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mereka juga harus terus mengikuti perkembangan ilmu pendidikan inklusif untuk mendukung proses pembelajaran yang seimbang dan menghasilkan hasil yang optimal bagi semua siswa.