menawarkan tiket kereta api kepada penumpang.
Mereka juga bertanggung jawab untuk memberikan informasi mengenai jadwal, rute, dan tarif kereta api kepada calon penumpang.
Selain itu, mereka juga melakukan pemesanan tiket, mengatur tempat duduk, dan menjawab segala pertanyaan atau keluhan yang mungkin timbul dari penumpang.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai penyedia layanan perkeretaapian adalah seseorang yang ramah, komunikatif, serta memiliki kemampuan untuk bekerja dengan cepat dan efisien dalam situasi yang padat dan sibuk.
Keterampilan berkomunikasi yang baik dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan jadwal serta kemampuan memecahkan masalah juga sangat penting.
Jika kamu tidak menyukai bepergian, tidak memiliki toleransi terhadap ketidaknyamanan dalam perjalanan panjang, dan tidak menyukai berinteraksi dengan orang-orang yang beragam, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan penyedia layanan perkeretaapian.
Miskonsepsi tentang profesi penyedia layanan perkeretaapian adalah bahwa mereka hanya bertugas menjual tiket dan memberikan informasi perjalanan. Padahal, mereka juga bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan dan keamanan penumpang serta mengatur kelancaran perjalanan kereta.
Ekspektasi umumnya adalah bahwa penyedia layanan perkeretaapian akan selalu ramah, cepat, dan penuh perhatian kepada setiap penumpang. Namun dalam realita, terkadang mereka harus menghadapi tekanan tinggi dalam menghadapi situasi darurat atau penumpang yang rewel, sehingga mungkin tidak selalu bisa memberikan pelayanan secara optimal.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti petugas stasiun atau petugas perjalanan, adalah bahwa penyedia layanan perkeretaapian biasanya berinteraksi langsung dengan penumpang di dalam kereta, sedangkan petugas stasiun bertanggung jawab dalam menjaga kelancaran di stasiun, dan petugas perjalanan lebih fokus pada mengatur perjalanan keluar masuk kereta.