Service Desk Analyst

  Profil Profesi

Sebagai Service Desk Analyst, Anda bertanggung jawab dalam memberikan dukungan teknis kepada pengguna melalui telepon atau email.

Anda akan membantu pengguna dalam memecahkan masalah teknis seperti perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan.

Selain itu, Anda juga akan mencatat dan melacak tiket dukungan, serta memberikan pemecahan masalah dasar untuk masalah yang umum terkait dengan sistem dan aplikasi.

Apa saya cocok bekerja sebagai Service Desk Analyst?

Profil orang yang cocok untuk pekerjaan Service Desk Analyst adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang ramah, sabar, dan mampu berkomunikasi dengan baik untuk menangani permintaan dan masalah pelanggan.

Dalam pekerjaan ini, keterampilan teknis yang kuat dan kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cepat juga sangat penting.

Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan kesabaran dalam menangani keluhan pelanggan, kamu mungkin tidak cocok menjadi Service Desk Analyst.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Service Desk Analyst adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas menerima dan merespons panggilan telepon pengguna. Namun, kenyataannya, mereka juga harus menganalisis masalah teknis, memberikan solusi, dan melakukan pemecahan masalah secara aktif.

Ekspektasi umum terkait profesi Service Desk Analyst adalah bahwa mereka bisa langsung memperbaiki masalah pengguna dengan cepat. Namun, dalam realita, ada proses yang harus dijalani, termasuk eskalasi masalah ke tim teknis yang lebih ahli atau melakukan troubleshooting yang lebih mendalam.

Perbedaan antara profesi Service Desk Analyst dengan profesi yang mirip seperti Technical Support atau Help Desk adalah bahwa Service Desk Analyst lebih fokus pada memberikan dukungan langsung kepada pengguna dan memastikan bahwa permasalahan mereka teratasi. Sementara itu, Technical Support atau Help Desk biasanya lebih terkait dengan administrasi dan pengelolaan sistem, serta memberikan bantuan teknis lebih mendalam kepada pengguna.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Teknik Informatika
Sistem Informasi
Ilmu Komputer
Komputer dan Jaringan
Manajemen Informatika
Teknik Elektro
Teknik Telekomunikasi
Teknik Industri
Manajemen Teknologi Informasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Telkom Indonesia
Bank Mandiri
Pertamina
Bank Central Asia (BCA)
Garuda Indonesia
PLN (Perusahaan Listrik Negara)
Bank Rakyat Indonesia (BRI)
Astra International
Siemens Indonesia
Bank Negara Indonesia (BNI)