Tugas utama sebagai tenaga pengajar di sekolah internasional adalah mengajar pelajaran sesuai dengan kurikulum yang ditentukan.
Selain mengajar, pekerjaan tersebut juga melibatkan menyusun bahan ajar, menilai tugas dan ujian, serta memberikan feedback kepada siswa.
Tenaga pengajar di sekolah internasional juga harus bersedia terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler dan menjaga komunikasi yang baik dengan siswa dan orangtua.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan sebagai tenaga pengajar di sekolah internasional adalah seseorang dengan latar belakang pendidikan yang kuat, memiliki pengalaman mengajar sebelumnya, dan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris.
Mengingat akan keberagaman budaya di sekolah internasional, seorang kandidat juga harus memiliki kepribadian yang inklusif, dapat bekerja dalam tim, dan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan siswa dari berbagai latar belakang.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, tidak memiliki keinginan untuk terus belajar dan berkembang, serta tidak dapat beradaptasi dengan keberagaman budaya, maka kemungkinan kamu tidak cocok menjadi tenaga pengajar di sekolah internasional.
Miskonsepsi tentang tenaga pengajar di sekolah internasional adalah bahwa mereka hanya mengajar murid-murid yang pintar dan berpendidikan tinggi, padahal kenyataannya mereka juga mengajar murid-murid dengan beragam tingkat kemampuan dan latar belakang.
Ekspektasi terhadap tenaga pengajar di sekolah internasional seringkali lebih tinggi, di mana diharapkan mereka memiliki keahlian bahasa yang sangat baik dan pengalaman mengajar yang luas. Namun, kenyataannya ada perbedaan dalam kemampuan bahasa dan pengalaman mengajar di antara tenaga pengajar ini.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, misalnya di sekolah nasional, adalah bahwa tenaga pengajar di sekolah internasional sering kali memiliki beban kerja yang lebih tinggi. Mereka harus mengajar dalam bahasa asing, mengamalkan kurikulum yang berbeda, serta bekerja dengan murid-murid dari berbagai negara yang memiliki kebutuhan belajar yang beragam.