Jurusan Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus adalah program studi yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa dalam memasarkan produk dan layanan kepada konsumen dengan kebutuhan khusus.
Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari strategi pemasaran yang inklusif, pengembangan produk yang ramah bagi penyandang disabilitas, serta cara mengkomunikasikan pesan pemasaran yang sensitif terhadap kebutuhan mereka.
Jurusan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki minat dalam pemasaran, dan juga peduli terhadap keberlanjutan dan inklusi sosial bagi semua individu dalam masyarakat.
Mata kuliah di jurusan Manajemen Pemasaran Untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus mempelajari ilmu tentang:
Catatan: daftar nama mata kuliah untuk prodi Manajemen Pemasaran Untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus tergantung pada tiap perguruan tinggi. Daftar diatas adalah perkiraan objek keilmuan rata-rata, ada kemungkinan akan berbeda antara satu kampus dengan yang lain.
1. Ekspektasi: Jurusan Manajemen Pemasaran untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus hanya mempelajari teknik berjualan, realita: Jurusan ini menyeluruh mempelajari strategi, analisis pasar, perilaku konsumen, dan adaptasi bisnis untuk inklusivitas.
2. Miskonsepsi: Program ini hampir sama dengan jurusan manajemen umum, realita: Kurikulumnya dirancang khusus untuk mengakomodasi dan memahami kebutuhan warga negara berkebutuhan khusus dalam konteks pemasaran.
3. Ekspektasi: Lulusan hanya akan bekerja di sektor amal atau LSM, realita: Lulusan dapat berkarya di berbagai industri dan perusahaan yang ingin membangun strategi pemasaran inklusif dan berkelanjutan.
Daftar nama profesi/jabatan dan karir yang potensial untuk jurusan Manajemen Pemasaran Untuk Warga Negara Berkebutuhan Khusus: