Pekerjaan di bidang administrasi tour and travel melibatkan pengelolaan dan koordinasi kegiatan perjalanan wisata.
Tugas utama meliputi mengatur dan memproses pemesanan tiket pesawat, penginapan, serta aktivitas wisata.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan klien dan mitra bisnis untuk memastikan semua detail perjalanan terorganisir dengan baik.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan Admin Tour and Travel adalah seseorang yang berpenampilan rapi, memiliki pengetahuan luas mengenai destinasi wisata, dan memiliki kemampuan mengorganisir dengan baik.
Tidak hanya itu, mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dapat bekerja dengan tim, dan memiliki toleransi tinggi terhadap tingkat stress yang tinggi.
Jika kamu adalah seorang yang tidak suka bepergian, tidak memiliki pengetahuan tentang destinasi pariwisata, dan tidak terampil dalam mengatur jadwal dan logistik perjalanan, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan Admin Tour and Travel ini.
Miskonsepsi tentang profesi Admin Tour and Travel adalah bahwa pekerjaannya hanya mengatur liburan dan mendapatkan diskon perjalanan. Padahal, realitanya banyak tugas administratif yang melibatkan komunikasi dengan pelanggan, mengurus dokumen perjalanan, dan menangani masalah perjalanan yang tidak terduga.
Perbedaan dengan profesi serupa seperti agen perjalanan adalah bahwa Admin Tour and Travel lebih fokus pada aspek administratif dan logistik dalam penyelenggaraan perjalanan, sedangkan agen perjalanan lebih fokus pada perencanaan liburan dan memberikan saran kepada pelanggan.
Ekspektasi yang sering tidak sesuai dengan realita adalah bahwa menjadi Admin Tour and Travel dapat bepergian secara gratis atau mendapatkan liburan gratis secara terus-menerus. Padahal, kebanyakan admin tour and travel tetap berada di kantor dan hanya merencanakan perjalanan untuk pelanggan.