Seorang ahli teknologi pendidikan SD bertanggung jawab untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran di tingkat SD.
Tugas utama meliputi mengembangkan materi pembelajaran yang menarik dengan menggunakan media teknologi, seperti video, animasi, dan permainan interaktif.
Selain itu, ahli teknologi pendidikan ini juga bertugas melatih guru dan siswa dalam menggunakan teknologi secara efektif dalam pembelajaran.
Seorang yang cocok untuk menjadi ahli teknologi pendidikan SD adalah seseorang yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teknologi terkini yang dapat diterapkan dalam pembelajaran, serta memiliki kemampuan untuk mengadopsi dan menguasai teknologi dengan cepat.
Dalam pekerjaan ini, seorang ahli teknologi pendidikan SD juga harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam merancang dan mengembangkan metode pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan teknologi.
Jika kamu tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang teknologi atau kurang memiliki kemampuan untuk bekerja sama dengan anak-anak dalam usia sekolah dasar, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Miskonsepsi tentang profesi Ahli Teknologi Pendidikan di SD adalah bahwa mereka diharapkan hanya sebagai pengajar teknologi, padahal sebenarnya tugas mereka meliputi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan manajemen program teknologi pendidikan.
Ekspektasi bahwa Ahli Teknologi Pendidikan di SD akan secara instan mengubah pembelajaran menjadi lebih efektif dan inovatif dengan teknologi, sementara realitanya perlu waktu dan dukungan yang kontinu untuk mengintegrasikan teknologi dengan baik dalam proses pembelajaran.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Guru TIK di SD, adalah bahwa Ahli Teknologi Pendidikan berfokus pada pengembangan strategi pendidikan yang menggunakan teknologi, sementara Guru TIK lebih fokus pada pengajaran teknologi secara langsung kepada siswa.