Seorang Eksekutif Penjualan dan Pemasaran Maskapai Penerbangan adalah pekerjaan yang melibatkan promosi dan penjualan tiket pesawat serta pengembangan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan.
Tugas utama meliputi menjalin hubungan dengan agen perjalanan, partner bisnis, dan pelanggan potensial untuk menghasilkan penjualan yang baik.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan analisis pasar, penelitian kompetitor, dan pengembangan kampanye pemasaran untuk meningkatkan pemahaman dan minat pelanggan terhadap penerbangan yang ditawarkan.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Airline Sales and Marketing Executive adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki pengetahuan tentang industri penerbangan, dan mampu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.
Seorang Airline Sales and Marketing Executive juga perlu memiliki kemampuan negosiasi yang baik, kemampuan dalam menganalisis data pasar, dan motivasi yang tinggi untuk mencapai target penjualan yang ditetapkan.
Jika kamu tidak suka bepergian secara intensif, kurang fleksibel dalam menghadapi jadwal yang berubah-ubah, serta kurang memiliki keterampilan komunikasi yang kuat, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan ini.
Ekspektasi vs realita dalam profesi Airline Sales and Marketing Executive sering kali adalah keyakinan bahwa pekerjaannya hanya terbatas pada traveling dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara, padahal sebenarnya juga melibatkan tugas-tugas administratif yang kompleks.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti Tour Operator, adalah bahwa sebagai seorang Airline Sales and Marketing Executive, tugas utamanya adalah menjalin hubungan dengan maskapai penerbangan dan bekerja dalam industri penerbangan, sementara Tour Operator bertanggung jawab mengatur perjalanan dan operasional tur.
Miskonsepsi lainnya adalah bahwa sebagai Airline Sales and Marketing Executive akan selalu mendapatkan tiket pesawat gratis atau diskon besar, namun kenyataannya tiket pesawat tetaplah mahal dan tergantung pada kebijakan maskapai penerbangan serta target penjualan yang harus dicapai.