bertanggung jawab dalam merancang dan mengembangkan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan standar nasional.
Mereka bekerja sama dengan penyusun kebijakan pendidikan dan ahli pendidikan lainnya untuk mengidentifikasi kebutuhan dan tren dalam dunia pendidikan.
Selain itu, mereka juga melakukan penelitian dan evaluasi terhadap kurikulum yang sudah ada untuk memastikan kesesuaian dan keefektifan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional.
Profil orang yang cocok untuk menjadi anggota tim pengembangan kurikulum nasional adalah seorang pendidik yang memiliki pemahaman mendalam tentang standar pendidikan nasional dan mampu mengintegrasikan konten yang relevan dengan kebutuhan siswa.
Selain itu, orang yang cocok untuk pekerjaan ini juga harus memiliki keterampilan analitis yang kuat dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait lainnya dalam proses pengembangan kurikulum.
Seorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah orang yang tidak memiliki minat dan pemahaman yang cukup dalam bidang pendidikan serta tidak memiliki keahlian dalam menyusun kurikulum yang efektif dan relevan.
Miskonsepsi tentang profesi anggota tim pengembangan kurikulum nasional adalah bahwa pekerjaannya hanya sebatas mengedit buku teks pelajaran. Sebenarnya, mereka juga bertanggung jawab dalam merancang, mengevaluasi, dan menyempurnakan kurikulum yang berlaku di seluruh negara.
Ekspektasi terhadap anggota tim pengembangan kurikulum nasional seringkali memandang mereka sebagai orang yang memiliki otoritas penuh dalam menentukan kurikulum sekolah. Namun, realitanya mereka harus melakukan dialog, berkolaborasi, dan mempertimbangkan berbagai kepentingan dari berbagai pihak terkait.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti guru atau dosen, adalah bahwa anggota tim pengembangan kurikulum nasional lebih berfokus pada merancang dan merumuskan kurikulum yang berlaku secara keseluruhan. Mereka berperan sebagai pengambil keputusan dalam mengarahkan arah pendidikan di tingkat nasional, berbeda dengan guru atau dosen yang mengimplementasikan kurikulum di tingkat sekolah atau perguruan tinggi.