Concierge Hotel

  Profil Profesi

Sebagai concierge hotel, tugas utama adalah memberikan pelayanan terbaik kepada tamu hotel dalam hal rekomendasi dan reservasi restoran, turis, atau transportasi.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan pemberian informasi tentang tempat wisata, acara khusus, atau kegiatan di sekitar hotel kepada tamu.

Sebagai concierge hotel, juga diharapkan memiliki pengetahuan yang luas tentang hotel dan fasilitasnya, serta mampu memberikan bantuan dalam mengatasi masalah atau permintaan tamu dengan cepat dan efektif.

Apa saya cocok bekerja sebagai Concierge Hotel?

Profil orang yang cocok untuk pekerjaan Concierge Hotel adalah seseorang yang ramah, berpenampilan rapi, dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat harus dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada tamu hotel, mengatur reservasi, dan memiliki pengetahuan tentang atraksi wisata di sekitar area hotel.

Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang, tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan sulit melayani orang lain dengan ramah, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi concierge hotel.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Concierge Hotel adalah bahwa mereka hanya bertugas melayani tamu dengan ramah dan memberikan informasi wisata. Namun, kenyataannya, mereka juga bertanggung jawab untuk menangani berbagai permintaan khusus tamu, seperti memesan tiket pertunjukan atau mengatur transportasi.

Ada anggapan bahwa Concierge Hotel selalu tersedia 24 jam dan mampu memenuhi semua kebutuhan tamu dengan cepat. Namun, kenyataannya, mereka juga harus berbagi kewajiban dengan resepsionis dan staf lainnya, dan beberapa permintaan tamu mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses.

Seiring dengan itu, perbedaan utama antara Concierge Hotel dan profesi serupa, seperti resepsionis hotel atau pemandu wisata, adalah bahwa Concierge lebih fokus pada pelayanan pribadi dan memberikan pengalaman wisata yang unik untuk tamu. Mereka berperan sebagai "ahli lokal" yang dapat memberikan rekomendasi dan pengaturan yang spesifik sesuai dengan keinginan tamu, sementara profesi serupa mungkin lebih terbatas dalam tugas mereka.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Hotel dan Pariwisata
Manajemen Perhotelan
Manajemen Fasilitas Pariwisata
Administrasi Pariwisata
Manajemen Kuliner
Pemasaran Pariwisata
Komunikasi dan Public Relations Pariwisata
Pengelolaan Acara dan Konferensi
Manajemen Sumber Daya Manusia di Industri Pariwisata
Desain Interior Hotel dan Pariwisata

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Mulia Senayan
JW Marriott Hotel Jakarta
Hotel Borobudur Jakarta
Shangri-La Hotel Jakarta
Raffles Jakarta
Mandarin Oriental Jakarta
Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
The Westin Jakarta
Ayana Resort and Spa Bali
Ritz-Carlton Bali