Staf resepsionis hotel bertanggung jawab dalam melayani tamu hotel dan memberikan informasi yang diperlukan.
Tugas utama mereka meliputi check-in tamu, check-out tamu, menerima dan mendaftarkan reservasi, serta memberikan informasi tentang fasilitas hotel.
Selain itu, staf resepsionis juga harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk mengatasi keluhan atau permintaan tamu dengan profesional dan ramah.
Seorang yang ramah, komunikatif, dan memiliki keterampilan customer service yang baik adalah profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan staf resepsionis hotel.
Kemampuan multitasking, bekerja dengan efisien, dan menjaga ketenangan dalam situasi yang sibuk juga akan menjadikan seseorang cocok dengan pekerjaan sebagai staf resepsionis hotel.
Jika kamu tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, suka menghindari interaksi dengan orang lain, dan tidak memiliki ketekunan dalam mengatasi situasi yang rumit, kamu mungkin tidak cocok menjadi staf resepsionis hotel.
Ekspektasi: Staf resepsionis hotel hanya duduk dan menerima tamu dengan ramah. Realita: Staf resepsionis hotel harus menghadapi situasi yang kompleks, mengatasi keluhan tamu, dan mengatur berbagai kegiatan operasional.
Ekspektasi: Staf resepsionis hotel memiliki waktu luang untuk bersantai di lobby. Realita: Staf resepsionis hotel harus bekerja dalam shift yang panjang, menjaga jam kerja yang fleksibel, dan siap siaga dalam situasi darurat.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Staf resepsionis hotel berbeda dengan petugas customer service atau concierge. Petugas customer service bertanggung jawab untuk menjawab pertanyaan atau masalah pelanggan secara umum, sedangkan resepsionis hotel fokus pada administrasi dan pelayanan tamu di hotel. Sedangkan concierge berperan sebagai penasihat yang memberikan informasi atau menyediakan layanan tambahan kepada tamu.