Sebagai seorang manajer hotel, tugasnya adalah mengawasi dan mengelola operasional harian hotel, termasuk penerimaan tamu, pelayanan pelanggan, kebersihan, dan keamanan.
Selain itu, manajer hotel juga bertanggung jawab dalam mengatur jadwal kerja, melatih dan mengawasi staf hotel, serta melakukan analisis keuangan untuk memaksimalkan keuntungan.
Sebagai pemimpin tim, manajer hotel juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam berinteraksi dengan tamu, staf hotel, dan pihak terkait lainnya untuk memastikan pengalaman menginap yang menyenangkan dan suksesnya operasional hotel.
Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Hotel adalah seorang yang memiliki kepemimpinan yang kuat, kemampuan organisasi yang baik, serta mampu mengelola sumber daya dengan efektif, akan cocok dengan pekerjaan Manajer Hotel.
Pengalaman dalam industri perhotelan atau pendidikan yang relevan juga menjadi nilai tambah dalam mencari seorang kandidat yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.
Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan banyak orang, memiliki kurang kemampuan dalam mengorganisasi, dan tidak terbiasa dengan beban kerja yang keras, maka pekerjaan sebagai manajer hotel tidak cocok untukmu.
Ekspektasi: Seorang manajer hotel dianggap hanya mengurus administrasi dan kegiatan sehari-hari di hotel. Realita: Seorang manajer hotel juga harus memiliki kemampuan dalam mengelola sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, dan memastikan kepuasan tamu.
Ekspektasi: Manajer hotel dianggap selalu bekerja di belakang meja dan tidak terlibat langsung dengan tamu. Realita: Manajer hotel juga harus bersentuhan langsung dengan tamu dan memastikan pengalaman mereka di hotel berjalan lancar.
Perbedaan dengan profesi yang mirip: Manajer hotel berbeda dengan kepala pelayanan tamu (front office manager) karena manajer hotel memiliki tanggung jawab yang lebih luas dalam mengelola berbagai departemen hotel, sedangkan kepala pelayanan tamu bertanggung jawab secara khusus terhadap pengelolaan departemen pelayanan tamu.