Manajer Penjualan Tiket Dan Hotel

  Profil Profesi

Sebagai Manajer Penjualan Tiket dan Hotel, tanggung jawab utama Anda adalah mengelola penjualan tiket pesawat, kereta, dan hotel.

Anda akan bertanggung jawab dalam mengatur stok tiket, melakukan reservasi hotel, serta membantu pelanggan dalam proses pemesanan dan pembayaran.

Selain itu, Anda juga akan berhubungan dengan berbagai pihak terkait, seperti maskapai penerbangan, operator kereta, dan hotel, untuk memastikan ketersediaan dan kesesuaian harga tiket serta hotel bagi pelanggan.

Apa saya cocok bekerja sebagai Manajer Penjualan Tiket dan Hotel?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Manajer Penjualan Tiket dan Hotel adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memiliki kemampuan negosiasi yang kuat, dan mampu mengatur dan merencanakan strategi penjualan dengan baik.

Seorang kandidat juga harus memiliki pengetahuan yang baik tentang industri perjalanan dan pariwisata, serta memiliki kemampuan dalam mengorganisasi tim kerja dan mengelola anggaran penjualan.

Seseorang yang tidak cocok dengan pekerjaan ini adalah mereka yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tidak memiliki motivasi tinggi untuk mencapai target penjualan, dan tidak suka bekerja dengan jadwal yang fleksibel.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang Manajer Penjualan Tiket dan Hotel dianggap akan bepergian dan mendapat kesempatan mengunjungi berbagai tempat menarik secara gratis. Realita: Sebenarnya, pekerjaan ini lebih fokus pada penjualan tiket dan paket perjalanan, serta memastikan pemesanan hotel berjalan lancar. Pekerja tidak selalu mendapatkan keuntungan perjalanan gratis.

Ekspektasi: Menjadi Manajer Penjualan Tiket dan Hotel akan memberikan banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang terkenal dan mencicipi makanan mewah di restoran terbaik. Realita: Tugas utama manajer adalah membantu pelanggan dalam memilih tiket dan akomodasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan serta merencanakan perjalanan mereka. Jarang sekali ada kesempatan untuk bertemu dengan orang terkenal atau menikmati makanan mewah.

Perbedaan dengan profesi yang mirip: Manajer Penjualan Tiket dan Hotel memfokuskan pada penjualan tiket dan paket perjalanan serta mencari solusi terbaik bagi pelanggan. Sementara itu, profesi yang mirip seperti tour guide lebih berkaitan dengan menggiring wisatawan di tempat-tempat tujuan dan memberikan informasi serta informasi tentang tempat yang dikunjungi.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Manajemen Pemasaran
Manajemen Bisnis Internasional
Manajemen Event dan Pariwisata
Manajemen Bisnis Perjalanan dan Pariwisata
Manajemen Komunikasi
Manajemen Ekonomi dan Keuangan
Manajemen Bisnis Hiburan
Manajemen Bisnis Tour dan Travel
Manajemen Bisnis Jasa

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Garuda Indonesia
Traveloka
Tiket.com
Pegipegi
Agoda
AirAsia
Expedia
Lion Air
Booking.com
Dwidaya Tour