Corporate Communications Specialist

  Profil Profesi

Pekerjaan sebagai Corporate Communications Specialist melibatkan pengelolaan dan pelaksanaan strategi komunikasi perusahaan.

Tugas utama meliputi pengembangan materi komunikasi, seperti siaran pers, pengumuman internal, dan konten media sosial.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan kerjasama dengan departemen lain dalam perusahaan untuk menyampaikan pesan dan informasi dengan efektif kepada karyawan dan pemangku kepentingan eksternal.

Apa saya cocok bekerja sebagai Corporate Communications Specialist?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Corporate Communications Specialist adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang kuat, mampu mengelola informasi dengan baik, dan memiliki kepekaan terhadap tren dan isu terkini di dunia korporat.

Sebagai seorang Corporate Communications Specialist, individu tersebut akan dituntut untuk memiliki kemampuan menulis yang baik, mampu berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, dan memiliki keahlian dalam membangun dan mempertahankan reputasi perusahaan.

Jika kamu adalah seorang yang kurang komunikatif, sulit beradaptasi dengan perubahan, dan tidak memiliki keterampilan menulis yang baik, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan Corporate Communications Specialist.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Corporate Communications Specialist adalah bahwa pekerjaannya hanya mengurus media sosial dan menulis siaran pers, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam pengelolaan komunikasi internal dan eksternal perusahaan. Ekspektasi tidak selalu mencerminkan realita yang sebenarnya.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Public Relations Specialist adalah bahwa Corporate Communications Specialist biasanya berfokus pada komunikasi internal dan eksternal perusahaan, sementara Public Relations Specialist lebih berfokus pada hubungan dengan media dan pemangku kepentingan eksternal lainnya.

Miskonsepsi lainnya adalah bahwa Corporate Communications Specialist hanya bekerja di departemen komunikasi. Namun, sebenarnya mereka bekerja secara lintas departemen dan berkolaborasi dengan berbagai fungsi perusahaan, seperti Tim HR, Keuangan, dan Manajemen Operasional, untuk menciptakan dan mengelola pesan komunikasi yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Komunikasi Massa
Hubungan Masyarakat
Jurnalisme
Komunikasi Pemasaran
Komunikasi Organisasi
Ilmu Komunikasi
Public Relations
Komunikasi Internasional
Marketing Communication
Corporate Communication

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

PT. Telkom Indonesia
PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.
PT. Pertamina (Persero)
PT. Astra International Tbk.
PT. Unilever Indonesia Tbk.
PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.
PT. XL Axiata Tbk.
PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk.
PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
PT. Bank Central Asia Tbk.