Pekerjaan sebagai desainer produk perangkat keras melibatkan merancang, mengembangkan, dan menguji produk perangkat keras untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna.
Tugas utama meliputi mengidentifikasi kebutuhan pengguna, membuat desain konseptual dan detail produk, serta bekerja sama dengan tim teknis untuk memastikan implementasi yang sukses.
Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan riset pasar, pemantauan tren industri, dan berkolaborasi dengan tim pemasaran untuk memastikan keberhasilan produk di pasar.
Seorang yang kreatif, inovatif, dan memiliki kemampuan teknis yang kuat akan cocok dengan pekerjaan sebagai desainer produk perangkat keras.
Pekerjaan ini memerlukan seseorang yang dapat memahami kebutuhan pasar dan menghasilkan desain yang fungsional dan menarik secara visual.
Orang yang tidak cocok dengan pekerjaan sebagai desainer produk perangkat keras adalah mereka yang tidak memiliki ketelitian dalam melihat detail, tidak memiliki pemahaman tentang teknologi terbaru, dan tidak memiliki kreativitas dalam merancang produk.
Miskonsepsi tentang profesi Desainer Produk Perangkat Keras adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang merancang bentuk fisik perangkat tanpa melibatkan pemahaman dalam hal teknologi dan fungsionalitasnya. Hal ini sebenarnya tidak benar, karena profesi ini juga melibatkan pemahaman yang mendalam dalam teknologi dan kebutuhan pengguna.
Salah satu ekspektasi yang seringkali tidak sesuai dengan realita dalam profes Desainer Produk Perangkat Keras adalah bahwa pekerjaannya hanya tentang kemampuan artistik dan kreativitas. Padahal, dalam praktiknya, mereka juga harus mempertimbangkan aspek teknis, keberlanjutan, dan keamanan perangkat keras.
Perbedaan antara profesi Desainer Produk Perangkat Keras dengan profesi lain yang mirip seperti Desainer Produk Perangkat Lunak adalah dalam fokus pekerjaan mereka. Desainer Produk Perangkat Keras lebih fokus pada merancang bentuk fisik dan fungsionalitas perangkat keras, sementara Desainer Produk Perangkat Lunak lebih fokus pada merancang antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna.