Duty Manager In The Hospitality Industry.

  Profil Profesi

Sebagai duty manager di industri perhotelan, tugas utama adalah memastikan kelancaran operasional hotel dalam hal pelayanan tamu dan manajemen staf.

Tugas termasuk mengawasi dan memberikan arahan kepada staf hotel, memastikan standar kebersihan dan kenyamanan hotel terpenuhi, serta menangani keluhan tamu dengan cepat dan efektif.

Selain itu, duty manager juga bertanggung jawab dalam membuat jadwal kerja staf, mengatur pendapatan dan pengeluaran hotel, serta berkolaborasi dengan departemen lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan pengalaman tamu.

Apa saya cocok bekerja sebagai Duty manager in the hospitality industry.?

Profil orang yang cocok dengan pekerjaan Duty Manager di industri perhotelan adalah seseorang yang jujur, memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat, dan bisa mengatasi konflik dengan baik, karena mereka akan bertanggung jawab atas operasional harian hotel serta mengelola staf hotel.

Seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, adaptif terhadap perubahan, dan memiliki pemahaman yang baik tentang kebutuhan tamu, untuk dapat memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan memastikan kepuasan tamu.

Jika kamu adalah orang yang tidak bisa menghadapi tekanan, tidak tahan dengan shift yang panjang, dan tidak pandai dalam menangani masalah pelanggan, kemungkinan kamu tidak cocok menjadi Duty Manager di industri perhotelan.

Konsep, ekspektasi dan realita

Miskonsepsi tentang profesi Duty Manager di industri perhotelan adalah bahwa pekerjaannya hanya menjadi pengurus tugas-tugas harian saja, padahal sebenarnya ada lebih banyak tanggung jawab strategis yang melibatkan pemecahan masalah, manajemen tim, dan pengambilan keputusan penting.

Ekspektasi umumnya adalah bahwa Duty Manager selalu bekerja dalam suasana yang glamor dan mewah di hotel, namun realitanya mereka juga harus menghadapi situasi darurat, keluhan tamu, dan jadwal kerja yang tidak teratur.

Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Front Desk Supervisor adalah bahwa Duty Manager bertanggung jawab untuk mengawasi keseluruhan operasional hotel, sementara Front Desk Supervisor hanya bertanggung jawab pada layanan tamu di meja depan hotel saja.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Pariwisata
Manajemen Event
Manajemen Restoran
Manajemen Konvensi dan Acara
Manajemen Karir dan Penjualan di Industri Perhotelan
Manajemen Fasilitas Perhotelan
Manajemen Penginapan dan Restoran
Manajemen Kuliner
Manajemen Layanan Pelanggan di Industri Perhotelan

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
JW Marriott Hotel Jakarta
Grand Hyatt Jakarta
Shangri-La Hotel Jakarta
Fairmont Jakarta
The Ritz-Carlton Jakarta
Mandarin Oriental Jakarta
Ayana Midplaza Jakarta
InterContinental Jakarta Pondok Indah
Four Seasons Hotel Jakarta