Front Office Agent

  Profil Profesi

Sebagai Front Office Agent, tugas utama Anda adalah memberikan pelayanan kepada tamu hotel mulai dari proses check-in hingga check-out.

Anda juga akan bertanggung jawab dalam menerima dan mengatasi keluhan tamu serta memberikan informasi mengenai hotel dan fasilitas yang tersedia.

Selain itu, Anda juga akan bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapihan area depan hotel serta berkolaborasi dengan departemen lain untuk memastikan pengalaman menginap tamu berjalan lancar.

Apa saya cocok bekerja sebagai Front Office Agent?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Front Office Agent adalah seorang yang ramah, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan dapat bekerja dengan cepat dan efisien untuk memberikan pelayanan yang baik kepada tamu.

Diperlukan juga keahlian multitasking dan kemampuan pemecahan masalah yang baik untuk menghadapi situasi yang beragam di depan meja penerimaan.

Jika kamu adalah seorang yang kurang ramah, kurang sabar dalam melayani orang lain, dan tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai Front Office Agent.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi: Seorang Front Office Agent diharapkan hanya akan melayani tamu dengan senyum dan keramahan, tanpa banyak tantangan. Realita: Profesi Front Office Agent melibatkan berbagai tugas kompleks seperti penanganan reservasi, check-in dan check-out tamu, penanganan keluhan, dan masalah operasional lainnya.

Perbedaan: Front Office Agent berbeda dengan Resepsionis. Jika Resepsionis biasanya bertanggung jawab hanya untuk menerima telepon dan melayani tamu di meja resepsionis, seorang Front Office Agent bertugas untuk mengurus berbagai aspek layanan tamu termasuk pengelolaan reservasi, administrasi, dan komunikasi dengan departemen lain di hotel.

Miskonsepsi: Salah satu miskonsepsi tentang Front Office Agent adalah bahwa mereka memiliki jam kerja yang santai dan fleksibel. Padahal, mereka seringkali harus bekerja dalam shift dan siap standby di depan meja penerimaan hotel untuk melayani tamu, bahkan dalam situasi darurat atau di tengah malam.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan
Pariwisata
Administrasi Bisnis
Manajemen Perjalanan Wisata
Komunikasi Bisnis
Keuangan
Manajemen Event
Hubungan Masyarakat
Manajemen Komunikasi
Periklanan dan Promosi Bisnis

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Aston
Hotel Shangri-La
Hotel Grand Hyatt
Hotel Raffles Jakarta
Hotel Mandarin Oriental
Hotel Four Seasons
Hotel Pullman Jakarta
Hotel DoubleTree by Hilton
Hotel Aryaduta
Hotel Kempinski Jakarta