Sebagai front office manager di hotel, tugas utama saya adalah mengelola semua kegiatan yang terkait dengan penerimaan tamu di hotel.
Saya bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses check-in dan check-out berjalan lancar, serta memberikan layanan pelanggan yang baik kepada tamu.
Selain itu, saya juga harus memantau dan mengatur jadwal kerja staf front office, serta mengkoordinasikan dengan departemen lain dalam hotel untuk memenuhi kebutuhan tamu dengan baik.
Seorang yang cocok untuk pekerjaan sebagai Front Office Manager di hotel adalah seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, ramah, dan mampu bekerja dengan efisien dalam situasi yang sibuk.
Sebagai pemimpin departemen front office, seorang kandidat juga harus memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat, dapat mengambil keputusan secara cepat, dan memiliki kemampuan organisasi yang baik.
Jika kamu kurang memiliki keterampilan komunikasi yang baik, tidak ramah kepada tamu, dan tidak memiliki kemampuan multitasking, kemungkinan kamu tidak cocok sebagai seorang front office manager di hotel.
Miskonsepsi tentang Front Office Manager di hotel adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan penerimaan tamu dan penanganan reservasi, padahal sebenarnya mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola staf, menerapkan kebijakan hotel, dan memastikan operasional front office berjalan lancar.
Ekspektasi yang salah adalah bahwa Front Office Manager hanya akan berurusan dengan tamu yang senang dan tidak ada masalah, tetapi kenyataannya mereka harus siap menghadapi situasi yang sulit seperti keluhan tamu, konflik, atau kemungkinan gangguan dalam jadwal reservasi.
Perbedaan dengan profesi yang mirip seperti Resepsionis di hotel adalah bahwa Front Office Manager memiliki tanggung jawab yang lebih luas dan lebih tinggi dalam mengelola dan mengawasi seluruh operasional front office, sementara tugas resepsionis lebih fokus pada penerimaan tamu, check-in/check-out, dan memberikan informasi tentang hotel.