Koordinator Acara Hotel

  Profil Profesi

Koordinator acara hotel bertanggung jawab dalam perencanaan, koordinasi, dan pelaksanaan berbagai acara di hotel.

Tugas utama meliputi mengidentifikasi kebutuhan klien, memastikan ketersediaan fasilitas dan layanan yang dibutuhkan, serta mengkoordinasikan dengan departemen terkait untuk menjamin keberhasilan acara.

Selain itu, pekerjaan ini juga melibatkan komunikasi dengan klien dan tamu, menyusun anggaran, serta mengontrol pengeluaran dan pendapatan yang terkait dengan acara.

Apa saya cocok bekerja sebagai Koordinator Acara Hotel?

Profil orang yang cocok untuk tipe pekerjaan Koordinator Acara Hotel adalah seseorang yang kreatif, memiliki kemampuan multitasking yang baik, dan mampu bekerja dalam tekanan yang tinggi, akan cocok dengan pekerjaan Koordinator Acara Hotel.

Dalam pekerjaan ini, seorang kandidat juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta memiliki keahlian dalam merencanakan dan mengatur berbagai detail acara dengan teliti.

Seseorang yang tidak suka berinteraksi dengan banyak orang, tidak bersemangat dalam mengatur dan mengkoordinir acara, serta tidak memiliki kemampuan multitasking dan pemecahan masalah, tidak cocok untuk menjadi Koordinator Acara di hotel.

Konsep, ekspektasi dan realita

Ekspektasi tentang pekerjaan sebagai Koordinator Acara Hotel sering kali adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan mengatur acara yang glamor dan mewah, namun kenyataannya, pekerjaan ini juga melibatkan tugas-tugas administratif, seperti mengelola anggaran dan berkoordinasi dengan vendor.

Perbedaan antara Koordinator Acara Hotel dengan profesi yang mirip, seperti Event Planner, adalah bahwa Koordinator Acara Hotel lebih fokus pada pengaturan acara di dalam hotel, sedangkan Event Planner dapat bekerja di berbagai jenis tempat acara, termasuk hotel.

Realita pekerjaan sebagai Koordinator Acara Hotel juga mencakup tanggung jawab yang besar, seperti menangani permintaan klien yang kadang-kadang tidak realistis, mengatasi masalah yang muncul selama acara, dan tetap menjaga profesionalitas bahkan dalam situasi yang stres.

Jurusan Kuliah yang Mendukung

Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Manajemen Acara dan Konvensi
Komunikasi Jasa dan Manajemen Acara
Manajemen Pariwisata dan Perjalanan
Komunikasi Perhotelan dan Manajemen Acara
Bisnis dan Manajemen Hotel
Manajemen Hiburan dan Acara
Manajemen Restoran dan Acara
Manajemen Fasilitas Acara
Manajemen Layanan Konsumen dan Acara

Contoh perusahaan atau institusi yang membutuhkan

Hotel Grand Hyatt Jakarta
Hotel Shangri-La Jakarta
Hotel Mandarin Oriental Jakarta
Hotel Ritz-Carlton Jakarta
Hotel Kempinski Jakarta
Hotel Four Seasons Jakarta
Hotel Ayana Midplaza Jakarta
Hotel Pullman Jakarta
Hotel Mulia Jakarta
Hotel JW Marriott Jakarta