Pekerjaan sebagai staf customer service hotel mencakup memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada tamu hotel.
Tugas utama meliputi melayani permintaan tamu, menerima dan mengelola reservasi kamar, serta memberikan informasi mengenai fasilitas hotel dan area sekitarnya.
Selain itu, sebagai staf customer service hotel juga perlu memiliki kemampuan dalam menangani keluhan tamu dengan baik dan mencari solusi yang memuaskan bagi mereka.
Staf Customer Service Hotel ideal adalah seseorang yang ramah, memiliki keterampilan komunikasi yang baik, dan mampu menghadapi situasi yang menantang dengan tenang dan berempati.
Sebagai pelayan langsung tamu hotel, mereka juga harus memiliki kemampuan multitasking yang baik dan dapat bekerja secara efisien dalam lingkungan yang sibuk.
Jika kamu tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sulit mengendalikan emosi, dan tidak sabaran, kemungkinan kamu akan tidak cocok dengan pekerjaan sebagai staf customer service hotel.
Miskonsepsi tentang profesi Staf Customer Service Hotel adalah bahwa pekerjaan ini hanya melibatkan melayani tamu dengan ramah. Namun, realitanya, pekerjaan ini juga melibatkan menangani keluhan dan masalah, yang bisa cukup menantang.
Salah satu perbedaan antara Staf Customer Service Hotel dengan profesi yang mirip, misalnya Resepsionis Hotel, adalah bahwa Staf Customer Service Hotel lebih fokus pada interaksi langsung dengan tamu untuk memenuhi kebutuhan mereka, sementara Resepsionis Hotel lebih berfokus pada administrasi seperti check-in dan check-out.
Salah satu ekspektasi yang mungkin salah tentang profesi ini adalah bahwa Staf Customer Service Hotel harus selalu tersenyum dan bahagia sepanjang waktu. Namun, realitanya, mereka juga manusia dan bisa mengalami hari yang buruk, namun tetap diharapkan untuk memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada tamu.