Pekerjaan sebagai kepala resepsionis hotel melibatkan mengawasi dan mengkoordinasikan tugas-tugas resepsionis untuk memastikan pelayanan yang cepat dan efisien kepada tamu.
Tugas utama meliputi mengatur jadwal kerja, melatih dan memotivasi staf resepsionis, serta menangani komplain tamu dengan baik agar kepuasan tamu tetap terjaga.
Selain itu, kepala resepsionis juga bertanggung jawab dalam mengelola data dan menghasilkan laporan kegiatan resepsionis kepada manajemen hotel.
Seorang yang ramah, komunikatif, dan memiliki kemampuan interpersonal yang baik akan cocok dengan posisi Kepala Resepsionis Hotel.
Dalam mengelola tim resepsionis dan menangani tamu, seorang Kepala Resepsionis Hotel juga harus memiliki kemampuan multitasking dan kemampuan problem-solving yang baik.
Jika kamu tidak suka berinteraksi dengan orang banyak, tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik, dan tidak sabar dengan situasi yang penuh tekanan, kemungkinan kamu tidak cocok dengan pekerjaan sebagai kepala resepsionis hotel.
Miskonsepsi tentang Kepala Resepsionis Hotel adalah bahwa pekerjaannya hanya menyambut tamu dan mengatur pemesanan kamar. Padahal, tugasnya juga melibatkan manajemen staf, penyelesaian masalah, dan koordinasi dengan departemen lain.
Ekspektasi terhadap Kepala Resepsionis Hotel adalah mereka selalu tersedia dengan senyum manis dan merespon permintaan tamu dengan cepat. Namun, realitanya mereka juga harus menghadapi situasi yang sulit, seperti tamu yang tidak puas atau gangguan acara di hotel.
Perbedaan dengan profesi yang mirip, seperti resepsionis biasa, adalah Kepala Resepsionis Hotel memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Mereka harus mengambil keputusan strategis, mengatur jadwal kerja, dan melatih staf untuk menjaga kualitas pelayanan.